Skip to main content

Tutorial Sketchup : Mengenal Program 3D Modelling

Sketchup program untuk 3 D Modelling
Ada begitu banyak perangkat lunak untuk membuat model 3D, namun yang paling saya suka adalah Sketchup. Kenapa saya suka sketchup? Begini ceritanya....


Ada pepatah lawas mengatakan tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak suka, karena itu sebelum kita mulai menggunakan Sketchup ada baiknya saya ajak Anda mengenal seperti apa program yang akan Anda pelajari ini tahap demi tahap. Saya  mengajak Anda menelusuri perangkat ini dari hal yang paling dasar hingga nanti sampai pada pembahasan tingkat lanjut.

SketchUp merupakan perangkat lunak untuk membuat model 3d produk dari Trimble. Program ini  ini mampu menggambar objek 3d dari semua jenis. Anda dapat menemukan ribuan contoh model 3D  SketchUp di 3D Warehouse.

Agar Anda tidak penasaran,Saya anggap semua pembaca masih awam, mari kita memulai belajar Sketchup dari nol. Silahkan buka Sketchup Anda! Coba perhatikan, sekilas, jika dibanding perangkat lunak pemodelan 3D Interface bawaan Sketchup sedikit aneh. Program ini hanya memiliki sedikit button dan perintah singkat yang berbeda. 

Kesan pertama ini mungkin saja membuat Anda memandang sebelah mata ata dalam hati Anda mengatakan bagaimana mungkin membuat sebuah model 3D yang menarik dengan program yang “sederhana” ini. Tapi tidak mengapa, jika Anda merasakan hal tersebut selanjutnya melalui buku ini akan membuka wawasan Anda bagaimana membuat berbagai model 3D dari program yang “sederhana ini”.

Sketchup memang dibuat sebagai program yang mudah dipelajari. Dengan berbagai “kesederhanaan”, namun mampu membuat berbagai obyek 3D dengan cepat dan mudah. Karena faktor mudah dan cepat itulah tampilan antar muka sketchup berbeda jika dibandingan dengan program CAD semacam Autocad atau untuk visualisasi 3D seperti 3D Studio, Maya, Cinema 4D dan sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh gambar yang saya buat menggunakan Sketchup.



Hasil Rendering Model Sketchup

Dapatkan bahasan selanjutnya Tutorial Sketchup di blog ini..


Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments