Menggambar Desain Rumah dengan Sketchup

Sketchup, program pemodelan 3D yang paling saya sukai. Menggunakan perangkat lunak ini, menggambar sebuah desain bangunan terasa lebih mudah dan cepat. Meskipun perlu saya garis bawahi “mudah” dan “cepat” sangat relatif bagi orang lain. (Baca : Menjalankan Sketchup Itu Gampang).

Mudahnya membuat gambar bangunan begitu saya rasakan. Apalagi saya “beruntung” sempat belajar menggambar bangunan secara manua. Awal 2000an, saat itu mata kuliah yang cukup menguras energi dan fikiran adalah struktur bangunan. Waktu itu semuanya dikerjakan dengan cara manual diawali degan menggambar di lembaran kertas milimeter hingga menyalinnya di kertas kalkir. Dengan cara seperti itu membuat satu gambar lengkap butuh waktu berminggu-minggu. Walaupun demikian menggambar manual bagi saya tetap saja penting dalam memahami aturan-aturan teknis saat membuat gambar di komputer.


Lalu pertanyaannya bagaimana cara menggambar rumah di Sketchup. Sebelumnya beberapa artikel saya sudah mengupas teknik dasar menggunakan berbagai tool di Sketchup. Praktiknya Anda bisa menerapkannya untuk menggambar desain Rumah Tinggal.

Sebagai panduan berikut ini langkah-langkah dan tips dari saya saat membuat gambar rumah :

1. Mulai dengan membuat gambar denah di Sketchup menggunakan line tool. Satu hal yang perlu Anda perhatikan buatlah denah pada layer tersendiri. (Baca : Mengenal Fungsi Layer) Ini nantinya akan memudahkan mengekspor ke Layout. Jangan lupa jika gambar denah sudah selesai akhiri dengan menyeleksi semua gambar denah dan menjadikan sebagai grup tersendiri.



2. Selanjutnya menggambar dinding. Sebelum menggambar dinding buat layer baru. Dengan bantuan denah yang sudah jadi ikuti garis-garis dinding menggunakan line tool. Jika sudah selesai hapus garis-garis yang tak diperlukan lalu menggunakan push tool buatlah dinding dengan tinggi sesuai dengan desain Anda. (Baca : Membuat model 3D, Menggambar Model 3D Sederhana)



3. Jika dinding sudah jadi lihat kembali denah Anda. Posisi masih di layer buatlah lubang-lubang pintu dan jendela. Jika sudah selesai jangan lupa membuat dinding menjadi satu grup.

4. Setelah Anda membuat lubang pintu jendela selanjutnya menggambar kusen pintu jendela. Buatlah layer baru dan mulai menggambar menggunakan line tool, rectangle tool dan push/pull tool. Jika sudah selesai akhiri dengan membuatnya menjadi satu grup



5. Selanjutnya membuat Daun pintu jendela. Caranya sama jika daun pintu dan jendela Anda memiliki ukuran yang seragam buatlah menjadi komponen. Tujuannya jika nantinya ada perubahan cukup merubah satu saja maka yang lain akan mengikuti. Hal ini juga berlakuk untuk kusen di atas.

6. Langkah berikutnya adalah menggambar atap. Anda bisa menggunakan cara manual atau menggunakan plugin yang bisa Anda tambahkan di Sketchup Anda.

7. Beri material pada model rumah Anda

8. Buat beberapa view untuk sebelum ditampilkan di layout.(Baca :Menyajikan Animasi Sederhana Sketchup)

9. Buat presentasi akhir dengan Ekspor gambar ke lay out. (Baca : Cara menyajikan Model Sketchup di Layout)

10. Simpan gambar bisa berupa file layout atau mengekspor dalam bentuk Pdf.


Di bawah ini beberapa contoh presentasi gambar Sketchup di Layout :

Gambar 3D Detail Fondasi
Gambar Potongan


Mengingat penjelasan ini bisa berlembar-lembar maka Langkah-langkah diatas sengaja saya berikan garis besarnya saja. Untuk lebih jelasnya di tiap langkah ada link Anda bisa mendapatkan penjelasan rinci masing-masing langkah di link tersebut.

Dapatkan Tips Seputar Sketchup dari A sampai Z di Belajar Sketchup.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyajikan Model SketchUp di Layout

Tutorial Sketchup Dasar : Membuat Model 3D Sederhana