Mantan kuli tinta yang tinggal di dusun

Tuesday, February 02, 2016

Cara Menyajikan Model SketchUp di Layout

Layout, memiliki banyak fasilitas, memungkinkan Anda menyajikan presentasi model 3D SketchUp yang lebih menarik dan interaktif. Untuk menampilan dari model SketchUp di Layout, prinsipnya, yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan file model SketchUp. Selanjutnya dari dalam Layout, Anda bisa memilih view yang ingin Anda tampilkan dan keterangan penunjang lainnya seperti dimensi dsb.

Layout terintegrasi dengan Sketchup, karena itulah saat file SketchUp dimodifikasi, presentasi Anda bisa mengikuti perubahan yang ada. Layout menyediakan sebuah panel Referensi dalam kotak dialog document Setup yang memungkinkan Anda memperbarui semua view sekaligus dengan mengklik satu tombol. Sebagai informasi tambahan Anda juga dapat menggunakan satu model yang sama untuk beberapa kali penayangan.

Ikuti langkah berikut ini untuk memasukkan viewport SketchUp ke dalam dokumen Anda:

  • Buka model SketchUp yang ingin Anda tampilkan.
  • Buat scene untuk setiap view model Anda yang ingin Anda tampilkan di dokumen Layout Anda.



  • Jika sudah selesai jangan lupa simpan model Sketchup Anda.
  • Buka program Layout.



  • Dalam Layout, arahkan ke halaman yang ingin Anda masukkan ke viewport.
  • Gunakan panel Halaman untuk berpindah di antara halaman yang ada. Cara tercepat untuk menambahkan halaman baru adalah untuk menduplikasi yang sudah ada: Cukup klik tombol Page Dipilih Duplikat (antara Tambah dan Hapus) di panel Pages.


Menyisipkan model SketchUp viewport:

Pilih File, lalu klik Insert untuk membuka kotak dialog Insert. Cari file SketchUp di komputer yang ingin Anda masukkan selanjutnya klik tombol Open.

Mengaitkan scene dengan Model viewport Anda.

Dengan Select tool, klik kanan viewport lalu pilih Scenes, selanjutnya pilih scene yang ingin dikaitkan.

Jika Anda tidak melihat daftar scene, kemungkinan Anda menyimpan file SketchUp Anda di Langkah 1. Simpan file SketchUp Anda; kemudian klik kanan viewport Anda (di Layout) selanjutnya pilih Update Referensi.





*) Sebenarnya ada cara lain yang lebih praktis untuk membuka file Sketchup di layout caranya setelah membuat scene simpan file. Lihat icon send to layout dan tunggu hingga terbuka.



  • Pilih template yang ingin Anda tampilkan.
  • Tetapkan skala model Anda.
  • Gunakan Select tool untuk memindah, memutar, atau mengubah ukuran tampilan model Anda.
  • Klik dan tarik untuk memindahkan setiap elemen pada halaman. Gunakan Grip Rotasi di tengah gambar saat dipilih untuk memutar. Anda dapat mengubah ukuran obyek dengan mengklik lalu menyeret setiap sudut.




Dapatkan Tips Seputar Sketchup dari A sampai Z di Belajar Sketchup atau Tutorial SkecthUp.

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

No comments:

Porto Folio

Porto Folio
Online Photo Editing adalah buku yang membahas teknik editing foto menggunakan layanan editing foto online. Ada 15 layanan olah foto gratis yang dibahas beserta dengan contohnya.