Skip to main content

Agar selalu produktif menulis

Tips Produktif Menulis
Tambahkan teks

Menulis, satu kata yang bagi sebagian orang menjadi hal yang menakutkan, namun sebagian lagi menganggap ini adalah sesuatu yang mengasyikan. Memang, bagi mereka yang sudah biasa menulis menjadi sesuatu yang bahkan menjadi kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Persoalanya, mungkin ada di bagaimana agar selalu bisa mendapatkan ide agar bisa produktif menulis? Hal inilah momok utama ketika seseorang mulai menulis.

Untuk bisa menghasilkan tulisan tentu saja hal yang tidak bisa tidak, harus dilakukan adalah membaca. Membaca apa saja, khususnya berita. Saat ini dengan adanya internet berita terbaru dengan mudah bisa kita dapatkan. Semua hal sebaiknya anda baca meskipun anda tidak tertarik akan hal tersebut. Bisa juga anda secara khusus membaca artikel atau materi yang benar-benar anda minati. Sesuatu, jika benar-benar diminati bakal lebih mudah untuk memahaminya.

Setelah banyak membaca,selanjutnya yang kita lakukan tentu saja adalah menulis. Terserah apa yang menjadi minat anda, apakah menulis fiksi ataupun non fiksi dan tema apa yang bakal anda tulis. Lakukan saja yang penting berusaha produktif menulis hingga benar-benar selesai.

Setelah tulisan selesai baca lagi tulisan anda. Coba perhatikan gaya bahasa, penggunaan istilah, penulisan dan bandingkan dengan tulisan bergenre serupa dari penulis-penulis yang sudah terkenal. Lalu terapkan untuk memperbaiki tulisan anda. Lakukan hal ini berulang-ulang. Karena menulis butuh latihan. Semakin sering seseorang belajar menulis dengan penar lambat laun kemampuanya bakal meningkat. Selain faktor teknis ada pula hal non teknis yang perlu diperhatikan. Satu lagi tips agar bisa lebih produktif menulis, sesaat matikan jejaring sosial, televisi atau godaan lain yang membuat perhatian anda menjadi kurang fokus.


Selamat mencoba semoga tips singkat diatas bisa membuat Anda makin produktif menulis...


sumber image : gettyimage

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments