Skip to main content

Saat Ide tak Nongol Jua


Kering ide, kehabisan ide, satu hal yang seringkali dialami oleh mereka yang sangat bergantung dengan hal abstrak tersebut. Saya sendiri seirng mengalami hal tersebut. Memang tak bisa dipungkiri cukup sulit juga mengatasi jika hal tersebut terjadi.

Satu sisi ide sangat berperan dalam proses kreatif namun tuntutan pekerjaan seringkali tak bisa berkompromi dengan hal tersebut. Jika hal tersebut terjadi diperlukan satu solusi untuk memaksa ide hadir. Ide tak boleh hanya datang saat mood saja namun tiap saat diperlukan harus muncul. Teori memang selalu saja begitu mudah diucapkan namun seringkali praktek di lapangan ada berbagai kendala namun tak ada salahnya teori juga dipelajari sekedar buat pembimbing apa yang harus dilakukan saat si ide tak jua datang.

Kering ide, saya terus terang sering mengalami juga. jika sudah kering ide mau tak mau produktivitas jadi turun. Jika biasanya selalu hasilkan tulisan-tulisan untuk diposting di blog saat kering ide blog bisa terbengkalai bahkan bisa berhari-hari. jika dituruti pemulihan untuk bisa memunculkan ide biasanya makin lama juga. untuk itu perlu dilakukan beberapa hal yang membuat fikiran kembali fresh sehingga dengan lancar ide akan nongol sendiri. Tatkala mengalami jenuh, merasa tak punya ide lagi ada hal-hal yang biasanya saya lakukan.


Membaca
Membaca yang saya maksud bisa apapun. Bisa membaca artikel-artikel yang menarik dengan browsing di internet, membaca buku-buku baru, membaca koleksi buku lama atau bahkan membaca tulisan-tulisan yang pernah kita buat. Dengan cara seperti ini biasanya saya menemukan hal baru, satu rangsangan untuk menulis kembali.


Menonton Film
Menonton film jadi salah satu cara ampuh bagi saya untuk memaksa ide keluar. Jenis film itu tergantung masing-masing orang namun kalau saya sendiri suka film-film yang sedikit mikir, based on true story. dari situ awal ide-ide untuk menulis bisa muncul. Terutama jika ingin menulis sebuah cerita.


Mendengarkan lagu
Lagu bisa jadi cara tepat menangkap ide. Mendengarkan lagu apalagi yang terkait dengan masa lalu atau ada satu cerita dibalik itu seringkali membantu saya dalam berimajinasi.


Jalan-jalan Ke Suatu tempat
Hal ini secara rutin saya lakukan. Sekali dalam sebulan tiap hari Sabtu atau Minggu saya berjalan-jalan ke suatu tempat bisa tempat wisata, tempat bersejarah atau tempat lain. Biasanya dari situ saya banyak mendapat bahan untuk dijadikan satu tulisan.

Hal-hal diatas yang saya ceritakan adalah satu teori yang saya tawarkan. Saya sebut teori karena itu baru sebatas wacana bagi anda meski bagi saya hal itu tak sekedar teori namun benar-benar saya praktekan. Sukses atau tidaknya sekali lagi tergantung dari masing-masing orang. Yah segera saja lakukan tips-tips dari saya tersebut semoga saja berhasil. Satu hal lagi biasanya untuk membantu memuluskan ide secangkir kopi panas seringkali menemani proses kreatif saya.

Sumber Image : www.gettyimages.com

Fathoni Arief

Comments