Skip to main content

Menulis Itu Gampang

Tips Menulis

"Menulis itu susah", mungkin kita memiliki pendapat seperti itu ketika ditanya menulis itu gampang atau susah. Apalagi ketika maksud hati ingin merangkai kata namun ketika sudah berhadapan dengan netbook, laptop, atau komputer sepertinya kata-kata susah untuk dikeluarkan. Kumpulan kata tersebut seringkali hanya nyanthol di angan-angan namun susah untuk diutarakan dalam bahasa tulis.

Apakah anda termasuk orang yang beranggapan menulis itu susah? Jangan kuatir anda tidaklah sendiri. Ada begitu banyak orang yang memiliki pendapat seperti itu bahkan terkadang penulis pun bisa beranggapan seperti itu. Lalu bagaimana supaya menulis itu menjadi gampang? Tentu ada solusinya, karena itu bisa dipelajari dan dilatih.

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah perbanyak membaca. Anda tak harus membaca buku yang tebal-tebal atau sedemikian mengerikan, namun bisa juga membaca koran, berita di internet, majalah atau apapun yang anda suka dan minati. Apakah itu ada manfaatnya? Jawabnya tentu ada. Membaca ibarat mengumpulkan bahan baku yang bakal disimpan di sebuah gudang bernama "ingatan". Untuk menghasilkan sesuatu jika bahan bakunya sudah ada tentunya lebih mudah.

Hal kedua setelah banyak membaca tentunya menulis. Karena skill yang ingin kita kuasai adalah menulis maka hal yang bisa kita lakukan adalah terus menerus menulis.Tulis apa saja yang kita minati dan jangan terbebani dengan jenis tulisan, prosa, non fiksi, gaya bahasa. Pokoknya anda tulis saja apa yang ada di benak dan ingin diungkapkan.

Setelah menulis tentunya membaca kembali hasil tulisan kita. Coba cermati apakah ada yang salah dan bandingkan dengan tulisan orang lain yang sudah berpengalaman. Jika tulisan anda ternyata berupa cerpen coba baca tulisan-tulisan sejenis.

Terakhir adalah sempurnakan tulisan anda. Tentunya kesempurnaan ini relatif. Hal yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki ejaan, tidak salah ketik, dan hal-hal lain yang terkait tata bahasa. Langkah terakhir ini jangan dianggap remeh karena seiring dengan ketekunan anda untuk berlatih dan belajar jangan heran jika suatu saat anda berubah fikiran dan berkata ternyata menulis itu gampang.


Selamat Mencoba! Semoga bermanfaat

Sumber gambar : gettyimages



Fathoni Arief

Silahkan Baca juga :

Agar Selalu Produktif Menulis


Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments