Mantan kuli tinta yang tinggal di dusun

Thursday, March 03, 2016

Mengenal Sketchup Software Pemodelan 3D


Ada banyak program yang biasa digunakan untuk membuat model 3D. Diantara program tersebut yang menjadi favorit saya adalah SketchUp, program pemodelan 3D untuk beragam aplikasi seperti arsitektur, sipil, film mekanik, serta desain video game. Satu poin yang menarik dari software ini adalah adanya versi gratis. Tapi jangan kuatir meskipun gratis kemampuannya tak kalah dengan program sejenis.



Selain karena alasan "free" hal yang membuat saya jatuh cinta pada program ini adalah  kemudahan penggunaan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri hanya butuh waktu singkat untuk menguasai teknik dasar untuk menggambar dan membuat model 3 D. Walaupun untuk mencapai tingkatan mahir tetap saja dibutuhkan ketekunan untuk berlatih sendiri membuat aneka model.

Sebagai informasi tambahan sketchUp juga menyediakan penyimpanan online hasil kreasi model (misalnya, jendela, pintu, mobil, rombongan, dll) yang dikenal sebagai 3D Warehouse. Adanya penyimpanan ini memungkinkan para desainer untuk menemukan, mengunduh, menggunakan serta berkontribusi model gratis.



Sebagai contoh model 3D rumah 1 lantai hasil karya saya menggunakan sketchup adalah seperti di bawah ini : 

Model di atas sebenarnya masih kasar dan memungkinkan untuk dilakukan proses rendering dengan menggunakan program lain seperti sky Indigo, VRay selanjutnya finishing menggunakan Adobe Photoshop untuk mendapatkan hasil yang mendekati kenyataan.




Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

No comments:

Porto Folio

Porto Folio
Online Photo Editing adalah buku yang membahas teknik editing foto menggunakan layanan editing foto online. Ada 15 layanan olah foto gratis yang dibahas beserta dengan contohnya.