Skip to main content

Mengantisipasi Aturan SEO Yang Selalu Berubah

Strategi Baru SEO
Persaingan bisnis internet semakin hari makin keras. Di sini siapa yang kuat bakal “menginjak” yang lemah. Saya sendiri merasakan sendiri ada saatnya ramai namun ada kalanya sepi. Ternyata strategi yang saya terapkan sudah tak mempan dan harus mencari sesuatu yang baru. Hal seperti ini lazim terjadi, betapa tidak ada ratusan ribu situs dalam ceruk pasar yang sama, semua bersaing meraih peringkat terbaik, kata kunci teratas, serta perhatian dari konsumen. Karena itulah agar bisa bertahan dan bersaing pemilik bisnis ini penting untuk tidak sekedar tahu aturan dan pedoman praktek SEO saat ini, tapi juga mengantisipasi pola aturan baru yang bakal hadir.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis online agar tetap bisa berada di atas? Blogger Tina Courtney Brown memaparkan secara mendetail dalam artikel di blognya. Ulasannya cukup menarik dan bisa membantu kita menghemat waktu tanpa harus melakukan analisis online yang rumit. Berikut ini adalah apa yang perlu kita ketahui tentang seperti apa arah perkembangan SEO serta faktor apa saja yang penting bagi kemajuan bisnis internet.

Penargetan Kata Kunci

Kata kunci adalah yang utama dan selalu jadi faktor menentukan dalam SEO. Meskipun demikian tak semua situs dengan kata kunci yang sama memanen hasil yang memuaskan. Hal ini bisa terjadi sebagian disebabkan oleh meningkatnya kompetisi. Bayangkan saja berapa jumlah situs baru yang muncul tiap harinya dan mereka membuat persaingan jadi makin ketat. Semakin beratnya persaingan membuat Anda jika ingin bertahan dan unggul harus memunculkan kata kunci yang lebih variatif. Anda harus memperluas kosa kata SEO dengan menjelajahi istilah alternatif yang mungkin saja ditulis saat menggunakan mesin pencari.

Pada saat mengidentifikasi kata kunci, bisa saja memulai dengan mengambil istilah yang paling umum digunakan, tetapi hanya sebagai titik awal. Dari sana, Anda bisa memunculkan lebih banyak variasi dan kata yang terkait. Setelah Anda memutar otak untuk setiap kemungkinan kata kunci, selanjutnya alihkan perhatian ke alat digital untuk bantuan. Beberapa sumber daya yang berguna untuk identifikasi kata kunci meliputi:

  • Pencarian terkait di Google, Yahoo, dan Bing
  • BuzzSumo
  • Google auto-complete
  • SEMRush
  • Yahoo Search Assist
  • Harvesting keywords from top-ranking competitors’ meta tags

Perhatikan Tampilan Situs

Banyak kasus keberhasilan sebuah situs berkaitan erat dengan tampilan dan kegunaan. Situs yang tampak usang, berantakan, atau tidak intuitif kurang dipercaya dan tidak akan mendapatkan jumlah lalu lintas yang diinginkan.

Agar situs sebuah situs tak hanya menarik (tetapi yang lebih penting dipercaya) oleh konsumen, ada unsur-unsur tertentu yang harus hadir. Sebenarnya, bukan hanya konsumen yang peduli dengan penampilan situs Anda; Google juga.

Google terus berusaha untuk menyediakan pengguna dengan kemungkinan listing terbaik di SERPs. Artinya Google juga menganalisis tingkat bouncing situs dan berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs. Jika suatu situs nampak tak pernah di update bertahun-tahun, mereka akan bergerak cepat selanjutnya Google akan mengenali ini dan menjadi faktor dalam hasil peringkat situs tersebut. Karena ituah pastikan situs Anda selalu nampak kekinian dan user-friendly jika Anda ingin peringkat yang baik.

Cermat Memasang Link

Backlink masih merupakan faktor penting dalam SEO. Anda harus mengambil keuntungan dari ini dengan memasukkan link dari posting baru ke lama. Ini akan membantu meningkatkan waktu pengguna berada di situs Anda. Hal ini sama pentingnya untuk membuat link eksternal, tapi Anda perlu berhati-hati dengan link yang Anda pilih. Link yang tidak relevan justru bisa berakibat fatal.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan secara teratur meninjau link untuk memastikan jika mereka masih aktif dan berkualitas tinggi. Link yang rusak akan membuat pembaca “ill feel”.

Go Mobile

Ponsel adalah perangkat pilihan bagi generasi berikutnya; jelas dan sederhana. Sekarang ini lebih banyak orang mengakses sebuah situs lewat perangkat mobile dari pada desktop. Karena itu penting memastikan situs Anda Mobile Friendly.

Mengoptimalkan Potensi lokal

Ketika internet sudah menjangkau hampir semua kalangan, potensi lokal menjadi potensi besar yang sayang untuk dilewatkan. Sekarang ini banyak orang mencari di perangkat mobile solusi lokal cepat, seperti tempat makan terdekat, oleh-oleh, penginapan dan sebagainya. Karena itu untuk memastikan orang di sekitar lingkungan Anda dapat menemukan bisnis Anda, pastikan untuk membuat akun di berbagai sosial media seperti Twitter, dan Google Plus. Untuk Google Anda bisa lebih memaksimalkan dengan memanfaatkan Google map, dan page Google plus.

Penulis adalah alumni Jurusan Teknik Sipil& Lingkungan Fakultas Teknik UGM. Berbagai artikel penulis dari beragam topik dan tentu saja Kumpulan Tips & Tutorial Sketchup  bisa anda dapatkan di  Blog Fathoni Arief : www.fathoniarief.blogspot.co.id.

Comments