Skip to main content

Solusi Plat Ganjil Genap Ampuh Atasi Macet?

Berkendara di jalanan ibukota sudah jauh dari kata nyaman. Terutama di hari-hari kerja jangan harap bisa bebas dari kata macet apalagi jika harus dibandingkan dengan berkendara di kota-kota lain yang jauh dari kata itu.

Melintasi jalanan yang macet itu saja sudah membosankan apalagi jika ditambah dengan ngawurnya para pengendara bermotor yang asal-asalan. Seringkali mereka asal nyalip dari kanan bahkan kiri tanpa memberi sinyal. Kendaraan yang lebih besar harus ekstra hati-hati kalau tidak siap-siap diperkarakan akibat menabrak pengendara bermotor.

Entah sudah berapa kali muncul wacana yang sesuai untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Mulai adanya ide jalur bus khusus yang kini dikenal dengan busway, penerapan zone three in one hingga proyek monorail yang sampai saat ini tak ada kepastian kapan bisa terselesaikan.

Bicara tentang wacana solusi transportasi hari ini saya melihat satu tayangan di salah satu stasiun televisi. Di tayangan itu ditampilkan satu langkah dari pemerintah China untuk membatasi jumlah kendaraan yang ada di jalanan utamanya dalam menyambut Olimpiade. Cara yang ditempuh adalah memberlakukan metode ganjil genap plat kendaraan. Jadi nanti bakal dijadwal kapan kendaraan berplat genap boleh melintas dan kapan kendaraan berplat ganjil melintas. Bayangan saya jika itu benar-benar diterapkan mungkin lebih dari separuh kendaraan bisa dihilangkan dari jalananan dan asap berkurang begitu juga dengan kemacetan.

Ide plat ganjil genap atau sejenis kalau tak salah pernah jadi wacana untuk diterapkan di jakarta. Rasanya sebenarnya secara teori gampang mengatasi kemacetan. Dalam pemikiran sederhana saya metode ganjil genap mampu kurangi minimal sepertiga jumlah kendaraan di jalanan ibu kota. namun permasalahan sanggupkah, atau beranikah pemerintah menerapkan hal itu dan dengan tegas memberlakukannya. Untuk yang terakhir ini saya pesimis.....


Comments