Skip to main content

Ngeblog Itu Adalah…

Ngeblog sudah jadi bagian dari perjalanan hidup saja. Benar, hampir satu dasawarsa saya Ngeblog, khusus di blog ini sudah lebih dari 8 tahun. Berdasar posting pertama tercatat tanggal 13/7/07. Dalam rentang waktu tersebut sampai posting ini, ada 651 posting yang mewarnai. Membaca posting tersebut seperti menziarahi kenangan dan berjumpa lagi dengan kegelisahan, amarah, sedih, tentu saja suka.

Kembali ke masa 8 tahun lalu, menulis adalah cara saya mengekspresikan kebahagiaan atau bahkan membasuh luka. Namanya saja pernah mengalami masa muda, ada masa dimana hari-hari terobsesi dengan cinta. Oiya, sebenarnya ini bukanlah blog pertama saya. Blog yang pertama kali saya buat dulu fasilitas dari situs jejaring sosial Friendster, sekarang sudah tinggal nama.

Awal Ngeblog kebanyakan posting saya berupa cerpen, puisi, dan hal-hal yang berbau sastra serta catatan harian. Sebagai contoh posting pertama saya di blog ini, sebuah sajak atau apalah namanya yang saya beri judul renungan.

Jika Satu Kejelekan Terjatuh Diatas Tumpukan Kebaikan
Apakah Artinya Semua Jelek?
Emas yang telah lama tertumpuk tak kelihatan kilauannya
namun ketika setetes noda terjatuh diatas emas
kejelekannya mengalahkan kemilau yang sedikit tertutupi olehnya.
Kenapa?

(Sebuah pertanyaan yang jawabannya cukup disimpan dihati masing-masing yang membacanya)
Saya masih ingat suasana hati saat mempublish tulisan ini. Ada sebuah kekecewaan mendalam terhadap seseorang. Tahun-tahun awal bisa dibilang saya ngeblog benar-benar dari hati. Semuanya adalah apa yang saya rasakan, alami. Waktu itu murni menulis sebagai obat, pelampiasan tak ada niat lain.

Tahun berganti tahun postingan saya makin variatif. Apa yang saya tulis sedikit lebih serius. Meskipun terkadang saya rindu dengan suasana hati seperti saat-saat awal blog ini hadir. Ada semangat yang menggebu-gebu untuk selalu mengisi blog meskipun tahu hanya segelintir orang yang membacanya. Meski demikian semuanya sepertinya mengalir begitu saja, semua ide begitu lepas dan dengan mudahnya hadir hasilnya cerpen-cerpen saya.

Sekarang delapan tahun sudah blog ini hadir, ada banyak hal yang tentu saja harus berubah. Salah satunya adalah tujuan nulis blog. Apa yang saya tulis tak hanya jadi konsumsi saya pribadi, tapi harus bisa memberi kontribusi karena Ngeblog juga salah satu cara berbagi.

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

10 Oktober 2015

Fathoni Arief

Comments