Skip to main content

Sudah Cukupkah Jam Tidur Anda?

Gangguan tidur menyebabkan anda tak bisa terlelap sepanjang malam. Banyak orang yang mengalami gangguan tidur namun tak menyadari hal ini bisa menjadi ancaman yang serius. Lalu sebenarnya seperti apa bahayanya serta berapa jam waktu tidur yang ideal?

Berapa lama tidur yang paling ideal?

Tidak ada pasti yang menentukan berapa jam tidur yang baik. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam semalam,tapi ada juga tetap dalam kondisi baik-baik meski hanya enam jam semalam. Bisa juga terlalu banyak menghabiskan waktu di kamar tidur justru menjadi tanda-tanda masalah kesehatan lain, seperti depresi atau sindrom kelelahan kronis. Untuk itu yang terpenting anda harus mencari jumlah jam tidur ideal bagi anda sendiri. Anda harus tahu siklus tidur anda yang tepat.

Kurang tidur bisa membahayakan kesehatan

Dalam sebuah penelitian di Inggris, para ilmuwan menemukan orang yang secara konsisten kurang tidur (didefinisikan sebagai tidur hanya lima jam atau kurang per malam) memiliki risiko lebih besar menderita tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular. Kurang tidur juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes, depresi, alkoholisme, dan kecelakaan mobil. Tahun 2007 University of California-Berkeley melakukan satu penelitian yang mempertegas fakta tersebut : Kurang tidur langsung mempengaruhi area otak yang berhubungan dengan mood dan konsentrasi.

Tanda-tanda tidur yang sehat

Dokter perlu melihat baik kuantitas maupun kualitas tidur untuk mendeteksi masalah yang ditimbulkan. Gejala insomnia yang membuat orang tetap terjaga di malam hari bisa langsung menjadi petunjuk bahwa ada sesuatu yang salah.

Tanda kondisi anda normal atau tidak juga bisa diketahui dari apa yang anda rasakan di siang hari. Jika anda merasa segar, fresh setelah bangun tidur artinya tak ada masalah terhadap tidur anda. Jika usai bangun justru lemas, mengantuk dan kurang fokus artinya anda mengalami gangguan tidur.

Sumber : Health.com

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments