Skip to main content

4 Makanan Pemicu Susah Tidur

Apakah anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Pastinya hal ini sangat menjengkelkan, apalagi jika esok pagi ada kegiatan yang mengharuskan Anda untuk bangun lebih awal.

Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda perlu melihat kembali menu yang anda nikmati sebelum tidur. Sebelum waktu tidur malam coba saja untuk menghindari lima makanan dan minuman di bawah ini:

1. Makanan dari daging yang diawetkan

Tahan keinginan anda untuk mencicipi sandwich daging sebagai kudapan sore. Sosis, dan daging asap mengandung kadar asam amino tiramin yang tinggi. Zat ini merupakan pemicu otak untuk melepaskan norepinefrin, stimulan otak yang membuat kita selalu merasa waspada dan terjaga.

2. Cokelat

Apakah anda gemar menikmati secangkir coklat di waktu malam? Atau makan es cream rasa coklat sambil menikmati tayangan TV? Mulai sekarang hati-hati dengan kebiasaan anda menikmati minuman dan makanan berasal dari cokelat dengan semua variasinya, jika tak ingin susah tidur di malam harinya. Karena kandungan kafein di dalam coklat. Banyak orang semakin sensitif terhadap kafein karena faktor usia, bahkan hanya dengan sepotong cokelat kecil dikrim dalam es cream rasa cokelat bisa membuat anda terjaga dan susah tidur. Hal ini bisa terjadi karena cokelat juga mengandung tyrosine, yang merangsang asam amino .

3. Minuman berenergi dan Kopi

Saat ini banyak beredar minuman berenergi dengan berbagai varian rasa. Tapi tahukah anda bahwa semuanya memiliki kadar kafein kafein serta asam amino taurin. Kedua zat itulah yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan adrenalin. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, mengkonsumsi minuman ini di pagi hari, kafein dosis tinggi dikombinasikan taurin, dapat membuat sulit untuk tidur, atau tidur dengan baik, di malam hari.

4. Saus tomat, cabai, pizza, dan makanan pedas.

Penggemar makanan pedas biasanya tak mampu menahan diri ketika berhadapan dengan makanan yang tersaji dengan sambal yang nikmat. Keberadaan sambal ini justru sebagai penambah nafsu makan. Biasanya hanya dengan sambal mereka sudah bisa menghabiskan berpiring-piring nasi. Tapi awas, sekarang anda perlu hati-hati, jika tak ingin tidur anda tergangu, akibat sambal seringkali muncul gangguan pencernaan. Ini juga sumber umum dari masalah tidur. Makanan asam dan pedas dapat menyebabkan perut  mulas, dan gejala lain yang mengganggu tidur Anda.

Sumber Image : Sleep solution Program
Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments