Skip to main content

Internet Yang Merubah Segalanya

Kemarin, bersama dua orang rekan, saya menempuh perjalanan ke Kaliangkrik, Magelang. Tujuan kami silaturahmi ke rumah tukang yang mengerjakan proyek pembangunan rumah yang lagi kami kerjakan. Mas Juman, begitu kami sering memanggilnya. Dari informasi yang pernah saya dengar biasanya para tukang dari Jogja sampai rumah menempuh waktu kurang lebih dua jam, maka sengaja kami berangkat lebih awal agar tidak kesiangan, maklumlah kebetulan kemarin pas hari Jumat.

Sebelum keberangkatan kami sudah mendapat info mengenai alamat mas Jum, lokasi tersebut kami input di layanan google map dan selanjutnya kami tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan. Ternyata layanan tersebut sangat membantu, ada alternatif jalan yang ditampilkan dan mampu memandu kami hingga sampai pasar kaliangkrik.

Awalnya kami mengira tujuan kami sudah dekat, rekan saya menelpon mas Jum. Kebetulan saja dia ada di pasar tempat kami berhenti. Tak berapa lama mas Jum mendekati kami dan memandu kami menuju lokasi. Ternyata kami salah, satu menit, dua menit, setengah jam kami belum sampai juga. Bahkan kami melewati jalan berliku, berbatu dan musti waspada soalnya di samping kami tepat ada jurang yang setiap saat bisa mencelakakan kami. Meski demikian kami masih terhibur dengan pemandangan yang luar biasa hamparan sayuran dan tembakau di kanan dan kiri.


Setelah menempuh hampir satu jam perjalanan, kami akhirnya sampai. Rupanya tempat tinggal mas Jum ada di perkampungan atas hanya 4 km dari puncak gunung Sumbing. Udara dingin menyambut kedatangan kami. Sampai di lokasi saya mengeluarkan Smartphone saya mengabadikan beberapa gambar dan mengupload di Instagram. Sambil mengupload saya masih saja terkesima, bukan karena foto namun betapa kemajuan teknologi sudah menyebar hingga ke gunung-gunung. Meski ada di lereng gunung saya masih bisa membuka web atau situs jejaring sosial, satu hal yang dulu sepuluh tahun lalu tak bisa saya lakukan.

Kemajuan teknologi informasi, khususnya internet, memang luar biasa. Di satu sisi bisa sangat membantu, betapa mudah mencari satu lokasi berbekal google map, namun di sisi lain turut andil dalam merusak generasi muda, bayangkan betapa mudahnya mengkakses situs-situs porno hanya berbekal telepon genggam.

Tapi begitulah, di samping sisi negatif manfaat internet bagi saya pribadi jauh lebih banyak. Betapa internet sangat membantu saya. Meskipun di Boyolali saya tetap dapat mengerjakan proyek desain dan mengirimkannya setiap saat melalui email. Internet memang merubah segalanya.

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments