Skip to main content

Memulai Bisnis Online

Sebelum memulai berbisnis lewat online, perlu Anda pahami dulu bahwa semua bisnis bisnis baik dijalankan secara online maupun offline pada dasarnya memiliki kesamaan, yaitu membutuhkan kerja keras dan ketekunan. Akan tetapi, faktanya banyak yang masih kurang memahami alur kerja bisnis online sehingga menganggap sebagai cara instant meraih kesuksesan sim salabim hanya dalam semalam. Banyak yang tergiur dengan iming-iming website yang menjanjikan kekayaan online dalam waktu sekejap.

Sebuah bisnis online, seperti toko ritel, masih perlu upaya keras menarik pelanggan, menjual produk dan layanan berkualitas, dan memberikan dukungan pelanggan yang luar biasa. Semua ini membutuhkan waktu dan usaha.
Setelah paham dan menemukan sebuah ide bisnis online yang akan Anda jalankan lalu bagaimana cara memulai bisnis online? Mungkin Anda masih kebingungan sudah punya banyak ide, tapi tak tahu harus darimana memulai, cara mencari produk, mencari barang dan sebagainya. Bisnis yang baik memerlukan sebuah perencanaan yang matang.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online :
1.  Jika Anda telah menemukan sebuah ide, segera rencana bisnis Anda. Kembangkan lagi ide Bisnis Online Anda tersebut.Sebagai contoh misalnya ide Anda adalah busana muslim cari turunan yang lebih dari Ide tersebut. Misalnya saja, Anda menulis Produk, Desain, Alat Promosi  dsb. Ada baiknya menuliskan semua yang ada di fikiran Anda turunkan lagi dan seterusnya.
2.  Tak ada salahnya Anda mencari tahu bisnis online serupa dengan ide bisnis Anda yang sudah berjalan. Silahkan Anda pelajari kekurangan dan kelebihan untuk Anda aplikasikan di bisnis online Anda.
3.  Jika yang Anda tawarkan adalah produk barang mulailah melakukan survey tempat yang memproduksi barang tersebut dengan harga termurah kecuali jika Anda memproduksi barang sendiri.
4.  Kumpulkan informasi mengenai tarif jasa pengiriman. Cari info sedetil mungkin penyedia jasa pengiriman mana yang paling bagus pelayanannya, biayanya dari kota Anda ke seluruh Indonesia dan sebagainya.
5.  Tidak ada bisnis internet satu pun yang bisa dilakukan tanpa mengerti tentang komputer dan internet, jadi, kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet secara umum mutlak dibutuhkan. Setidaknya, Anda harus tahu cara menggunakan program perambah web, harus mengerti cara membuat dan menggunakan email, harus tahu cara membuat situs yang paling sederhana (dengan menggunakan layanan penyedia blog gratis misalnya), dan sebagainya. Lebih baik lagi, bekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat teknis, seperti pemahaman tentang bahasa HTML.
6.  Selanjutnya seperti bisnis offline yang membutuhkan sebuah toko untuk memajang produk, Anda membutuhkan tempat untuk menawarkan produk Anda. Buatlah sebuah blog/web untuk menampilkan barang jualan Anda.Bagi pemula tak ada salahnya menggunakan Blog atau website dengan Domain Gratis.
7.  Setelah mempunyai sebuah Blog gratisan selanjutnya silahkan Anda mulai memposting isi Blog Gratisan dengan produk Anda.
8.  Jika semua sudah selesai, langkah selanjutnya silahkan mempromosikan Blog baik melalui jejaring Sosial Networking seperti Facebook,Twitter, Google plus,pinterest dll maupun dari mulut ke mulut.
Jangan lupa untuk Berkunjung ke Blog milik orang lain yang sama menjual Produk serupa. Biasakan untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar menggunakan url/name blog Anda.
Selanjutnya Cari website yang menyediakan pasang iklan Gratis, coba mendaftar dan memasang iklan di website tersebut. Dengan begitu maka blog Anda akan menerima pengunjung yang datang dari website pasang iklan Gratis.
9.  Miliki rekening bank dan, jika memungkinkan, kartu kredit. Sesuai dengan ketetapan dari Bank Indonesia, untuk mencairkan cek (salah satu metode pembayaran bisnis internet yang umum) Anda membutuhkan rekening aktif di bank dengan durasi minimal 6 bulan.
Ingat baik-baik bahwa bisnis internet butuh waktu. Butuh waktu bagi Anda untuk belajar, butuh waktu bagi apa yang Anda kerjakan untuk memberikan hasil.
Selain diperlukan kesabaran, diperlukan juga manajemen waktu yang baik. Buatlah jadwal mengenai apa yang harus Anda lakukan dalam kaitannya dengan bisnis internet dan disiplinlah terhadap jadwal tersebut.

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments