Skip to main content

Cara Mengatur Privasi Facebook Timeline

facebook_lockdown-10913338Facebook Timeline akhirnya benar-benar hadir, entah suka atau tidak, untuk semua akun Facebook, termasuk Anda. Saya sendiri sudah mencoba menggunakan Timeline lebih dari sebulan ini. Memang, di satu sisi, dengan ini saya bisa jauh lebih mudah menemukan segala sesuatu mulai dari: peristiwa, wall posting, dll, karena
Anda sekarang dapat mencari profil Facebook Anda berdasarkan tanggal.
Di sisi lain, hal itu jauh lebih mudah bagi orang lain, teman, orang asing, siapa saja, untuk menemukan segala sesuatu, karena mereka sekarang dapat mencari profil Facebook berdasarkan tanggal.

Ada banyak hal yang sudah saya posting sejak pertama kali saya membuat akun Facebook. Dan sekarang mereka semua rapi dikategorikan berdasarkan tanggal. Sebenarnya, sebelum ada Timeline secara teknis Anda juga bisa melihat posting ini, hanya saja Anda harus lebih banyak hal. Misalnya, untuk melihat posting saya dari tahun 2008, Anda harus membuka profil Facebook saya, menunggu Facebook memuat tulisan paling baru saya, hingga puluhan menit atau lebih, kemudian klik "posting lama" dan itupun bisa berkali-kali klik.

Tapi sekarang semua bisa melihat posting seseorang dengan pergi ke sisi kanan profil saya dan klik 2008, selanjutnya memilih bulan yang ingin dilihat. Ini akses mudah ke info saya, bayangkan jika ada hal yang tidak ingin diketahui orang lain, sungguh sedikit mengerikan bukan.

timeline2-10910679Tapi jangan kuatir, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan membuat Timeline Anda lebih aman. Caranya atur Privasi Timeline Anda :

· Langkah pertama untuk pengaturan privasi adalah membuat profil, atau Timeline Anda private. Cara melakukannya, silahkan masuk ke Pengaturan Privasi> How You Connect dan rubah setelan "Who can posting on your timeline?" dan "Who can see posting by others waktu Anda?" dari "Umum" ke "Friends."
· Masuk Pengaturan Privasi> How Tags Work dan mengubah pengaturan untuk "Maximum Timeline Visibility" dari "Public" ke "Friends."
· Jika Anda tak ingin semua orang tahu, Anda dapat mengubah pengaturan tersebut ke "Custom" dan pilih "Onlya Me”, maka hanya Anda satu-satunya yang dapat melihat posting.
· Terakhir, membatasi posting masa lalu Anda ,yang mungkin saja sudah diposting ke publik pada saat itu, ke teman saja. Untuk melakukan ini, pergi ke "Limit the Audience for Past Posts", lalu klik "Limit Old Posts." Hal ini akan mengubah semua posting masa lalu hanya untuk teman Anda, meskipun pada awalnya Anda sudah memposting mereka untuk publik.

sumber image : pcworld.com

Comments