Skip to main content

Kaliurang, Setahun Setelah Erupsi

Obyek wisata kaliurang
Setahun pasca erupsi, kawasan wisata Kaliurang mulai menggeliat. Setiap hari libur ribuan orang berkunjung. Mereka tak hanya berasal dari Jogja dan sekitarnya saja namun juga dari berbagai daerah lain.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, awal tahun baru seringkali ditandai dengan turunya hujan. Begitupula dengan tahun ini meskipun di malam tahun baru hujan sudah mengguyur kawasan Jogja dan sekitarnya hingga pagi hari pun nampaknya sudah ada tanda-tanda hujan lebih deras bakal mengguyur kota pelajar ini. Tak terpengaruh dengan langit yang mulai tertutup mendung saya ditemani istri memacu sepeda motor menuju Utara Jogja. Tujuan kami adalah kawasan wisata Kaliurang, tempat yang setahun lalu juga jadi saksi dahsyatnya erupsi Gunung Merapi.

Tak banyak waktu yang kami habiskan, tak lebih dari setengah jam, hingga tiba di pintu gerbang utama kawasan wisata Kaliurang. Maklumlah kebetulan kami tinggal di Jalan Kaliurang kilometer 10. Kami pun ikut antrian di loket khusus sepeda motor. Selain kami sudah ada belasan motor dan mobil yang sudah berada di dalam antrian.

Setelah menunggu beberapa saat kamipun membayar tiket masuk. Biaya yang harus kami keluarkan untuk masuk kawasan Kaliurang adalah Rp.7000,-. Itu adalah tiket untuk 2 orang dan sepeda motor khusus di hari minggu dan hari libur. Kami pun melanjutkan perjalanan. Untuk menuju kawasan Kaliurang masih harus menempuh beberapa kilometer lagi. Sementara motor kami melaju rintik-rintik hujan mulai berjatuhan. Ternyata pepatah mendung tak berarti hujan tak berlaku kali ini. Mendung benar-benar membawa hujan dan langit pun semakin gelap.



Fathoni Arief


Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments