Skip to main content

Harusnya Kali Ini Giliran Pemain Muda

Cabang olahraga bulutangkis di ajang Sea Games sudah memasuki babak final untuk kategori perseorangan. Indonesia sebagai tuan rumah sudah memastikan meraih dua medali emas di nomor ganda putra dan putri. Sementara itu di 3 nomor lain hanya meloloskan satu finalis yaitu melalui Simon Santoso di tunggal putra, Adrianti Firdasari di tunggal putri dan pasangan Liliana Natsir/Ahmad Tontowi di ganda campuran.

Masuknya semua wakil Indonesia di babak final bukanlah hal yang mengejutkan terutama jika melihat lawan-lawan yang dihadapi. Tak banyak nama-nama besar yang berlaga. Bahkan negara lain termasuk Malaysia berani menurunkan pemain-pemain muda mereka. Ini bertolak belakang dengan kontingen kita. Lihat saja susunan di tunggal putra kenapa yang turun justru Taufik Hidayat bukan Tommy Sugiarto atau Hayom.


Jika alasanya untuk memastikan emas atau memberi motivasi bagi pemain muda saya kurang setuju dengan hal itu. Lihat saja hasil babak semifinal tunggal putra kemarin. Bagaimana Taufik Hidayat kalah lawan pemain muda Thailand dan ini untuk kedua kalinya di Sea Games kali ini setelah sebelumnya juga takluk saat bertanding di nomor beregu.

Di tengah merosotnya prestasi bulutangkis kita harusnya pengurus lebih banyak memberi kesempatan bagi pemain muda untuk tampil. Beri kesempatan lebih bagi pemain generasi Tommy dan Hayom hal sama harusnya juga di sektor putri yang masih terjerembab pasca generasi emas Susi Susanti.
Harusnya pengurus pusat bulutangkis terinspirasi dari kesuksesan para perenang kita. Diantara mereka bahkan baru berusia belasan namun mampu meraih emas dan memecahkan rekor.



Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments