Skip to main content

Mengisi Libur, Mencoba resep brownies

Ada beragam kegiatan, bisa dilakukan, untuk mengisi liburan akhir pekan. Pelesir ke tempat yang indah, menarik seperti pegunungan, bercengkrama dengan keluarga, menikmati sajian acara di televisi merupakan beberapa pilihan yang bisa diambil. Setiap orang memiliki pertimbangan dan alasan dalam mengisi waktu liburnya.

Begitupula dengan saya, hari Ahad, saya menghabiskan waktu berada di rumah. Kali ini saya bersama istri kembali mencoba sebuah resep roti. Kami ingin membuat roti brownies, berdasarkan resep yang kami dapat hasil browsing dari internet.

Bukan kali ini saja kami mencoba resep roti yang sering dijumpai di Bandung tersebut. Ahad lalu berbekal resep dari sebuah blog kami langsung mempraktekanya. Seperti apakah hasilnya? Hehehe gagal total. Sebenarnya gagal buka berarti tidak bisa dimakan sama sekali namun brownies yang kami buat tak bisa mengembang dan terlalu lengket. Dugaan saya, brownies tersebut lengket karena terlalu banyak campuran coklat batang yang kami masukkan.

Kali ini kami mencoba belajar dari kesalahan sebelumnya. Kebetulan bahan yang kami beli pekan lalu masih sisa banyak. Jika sebelumnya kami mempraktekan membuat brownies kukus kali ini kami membuat brownies panggang. Kebetulan selepas gagal dengan eksperimen brownies kukus pekan lalu saya mencari-cari oven punya istri yang sudah terbengkalai. Ternyata oven tersebut masih bisa digunakan.

Ada satu hal lagi yang membedakan antara eksperimen kali ini dengan sebelumnya. Pekan lalu untuk mengaduk adonan roti saya menggunakan alat manual. Ternyata cukup membuat lengan saya pegal-pegal. Kali ini kami sudah memakai mixer yang sempat berada di rumah kakak Ipar.


Dan dimulailah proses eksperimen pembuatan brwonies. Setelah mengumpulkan bahan dengan takaran sesuai resep yang sudah sedikit kami modifikasi ..hehe. Langkah pertama mencair coklat batangan dengan margarine di sebuah wadah yang ditaruh di atas air mendidih. Coklat dan margarine harus benar-benar campur. Proses ini diakhiri dengan menambahkan gula pasir hingga turut larut selanjutnya mendinginkan hasil campuran tersebut.

Langkah kedua adalah mencampur telur dengan berbagai bahan diantaranya tepung, vanili, coklat bubuk. Setelah semuanya benar-benar bercampur dan mengembang campuran yang sebelumnya  sudah kami diamkan dituang dan dicampur dengan mixer hingga benar-benar rata. Jika semuanya sudah bercampur selanjutnya kami tuangkan kedalam loyang dan menaruh kedalam oven yang diberi api ukuran sedang selama lebih kurang 20 menit.

Lalu seperti apakah hasilnya? Hehehe..Setelah menunggu dan harap-harap cemas jadilah kue brownies hasil eksperimen kami..xixixi ya lumayanlah. Namun ternyata api yang kami gunakan sedikit terlalu besar sehingga ada bagian yang gosong :P hehehe namun secara tampilan sudah membaik dari pekan lalu..Ya cukup lumayanlah buat mengisi waktu di hari libur..bagaimana dengan liburan anda? Semoga menyenangkan juga.



Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments