Skip to main content

Kecelekaan Kereta (Lagi)

Wait For
Awal tahun 2011, noda hitam kembali mewarnai perkeretapian negeri ini. Lagi-lagi, penyebabnya kecelakaan kereta. Kereta Api Mutiara Selatan bertabrakan dengan Kereta Api Kutojaya Selatan di Stasiun Langen Sari, sekitar pukul setengah tiga dini hari tadi. Menurut berita di detik.com data korban terakhir hingga tulisan ini saya buat 3 orang meninggal dan 10 orang luka berat. Angka-angka tersebut masih bisa bertambah karena ternyata di tempat kejadian masih ada penumpang yang terhimpit dan masih dalam proses evakuasi.

Kecelakaan demi kecelakaan yang pernah terjadi di negeri ini ternyata belum mampu menjadi satu pembelajaran kejadian serupa terjadi. Ironisnya peristiwa ini kembali terjadi tak lama setelah rencana kenaikan tiket Kereta kelas Ekonomi dan masyarakat belum sempat melupakan kecelakaan tragis yang menimpa KA Senja Utama Semarang dan KA Argo Anggrek beberapa bulan lalu.


Lalu siapa yang salah? Apakah seperti sebelumnya, selalu saja awak kereta api yang selalu dijadikan kambing hitam. Selama ini selalu saja terhenti disana, tanpa ada perubahan besar-besaran akan pelayanan ataupun fasilitas yang diberikan.

Kecelakaan kali ini semoga benar-benar menjadi pelajaran berharga bagi PT KAI dan Pemerintah. Sudah saatnya Pemerintah lebih peduli terhadap perkeretapian negeri ini. Perbaikan fasilitas utamanya untuk kelas ekonomi dan peningkatan keselamatan perjalanan wajib jadi prioritas. Bukankah negeri ini cukup punya banyak uang untuk menyediakan kemewahan bagi para pejabatnya? Buktinya rencana pembangunan gedung dewan baru yang katanya memiliki kolam renang dan fasilitas mewah tetap maju terus. Kenapa untuk membuat semua gerbong dan lokomatif yang tidak layak menjadi baru tidak mampu? Padahal itu jelas-jelas demi kepentingan masyarakat. Bagaimana pak Pejabat?

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments