Skip to main content

Catatan Kepagian, Memahami Masalah

Di Jakarta,...

Pagi menjelang, berteman lantunan musik Kiai Kanjeng. Meresapi makna kehidupan dengan segala kisah dan serba-serbinya. Hidup di dunia dengan jalan cerita yang seringkali tak bisa diduga-duga.
Manusia, dalam keseharianya, harus menghadapi berbagai persoalan hidup. Mulai dari persoalan ekonomi, keluarga dan apalah sesuatu yang seharusnya bukan jadi masalahpun karena terlalu kreatifnya perasaan dan imajinasi manusia pun dibuat menjadi masalah.

Pagi, dengan semangat yang selalu baru, atau terlihat baru. Awal untuk memulai aktifitas, bersiap mengahadapi kejutan-kejutan hadiah dari sang Khalik entah itu masalah, anugerah, ataupun sesuatu yang nampaknya terlihat sebagai anugerah namun sesungguhnya menyimpan masalah. Begitu pula sebaliknya sesuatu yang terlihat sebagai masalah namun sebenarnya menyimpan suatu anugerah di baliknya.

Jika demikian lalu masih adakah masalah tersebut? Hmm untuk mengerti semuanya seperti salah satu lagu yang dibawakan Cak Nun, mengutip kata-katanya “sejenak mengendapkan hati dan bernyanyi”. Mencerna dan memahami betul apa yang sudah dialami, didapat sehingga bisa faham mana yang masalah mana yang bukan? Bisa mengerti bagaimana menjadikan masalah menjadi satu anugerah dan tak terjebak masalah ketika mendapat anugerah.

"Kalau yang sunyi engkau anggap tiada, maka bersiaplah terbangun dari tidurmu karena ledakanya" -Cak Nun- 

Fathoni Arief

Comments