Skip to main content

Sirkuit Basah Menjadi Perhatian Pembalap di Sepang

(www.f1-fansite.com)

Faktor Hujan diperkirakan jadi penentu hasil balap Sepang (5/4). Jenson Button dan Rubens Barrichelo masih menjadi unggulan mendominasi balap seri Malaysia.

Hasil balap Minggu lalu sesuai perkiraan banyak pengamat, Brawn GP tunjukkan kelas meraih posisi 1 dan 2. Untuk pertama kali dalam 55 tahun terakhir pendatang baru bisa meraih posisi 1 dan 2.

Di Sirkuit Sepang akhir pekan ini kedua pembalap diperkirakan masih akan mendominasi. meski demikian Barrichelo percaya Juara konstruktor tahun lalu, Ferrari, akan tersengat dengan start terburuk mereka sejak tahun 1992. Mereka akan mampu berbuat banyak di sirkuit yang sering mereka menangi tersebut. Ferrari telah memenangkan separuh dari balapan yang dihelat di Sepang. Barrichelo sendiri dua kali finish sebagai runner up bagi tim kuda jingkrak ini. "Di Malaysia balapan akan lebih ketat," katanya.

Menurut pembalap Brazil ini meski di Australia timnya mampu mendominasi di Sepang hasilnya bisa berbeda. Kondisi di Sepang sangat berbeda dengan sirkui Albert park, Melbourne.

Catatan balap Barrichelo di sirkuit Sepang sebenarnya lumayan. Ia dua kali meraih podium. Di sirkuit ini pula podium pertamanya ia raih. Itulah yang membuat sirkuit Sepang menjadi salah satu sirkuit kesukaanya. " Sirkuit ini sangat cepat, menyenangkan membalap disini," katanya.

Tak hanya Ferrari yang diperkirakan menjadi penantang serius Brawn GP, Red Bull dan Mc laren pantas diwaspadai. Mc laren yang kemarin menduduki posisi ketiga melalui Lewis hamilton diperkirakan juga akan memperbaiki performanya. Tim Ron Denis ini memiliki catatan yang bagus juga di Sepang. Meski demikian Malaysia yang terletak di daerah tropis menjadi satu hal yang menantang bagi pembalap. " Saya fikir membalap disini butuh usaha lebih keras,' kata Lewis hamilton.

Faktor hujan

Chief operations Engineer tim Williams Rod Nielsen menduga faktor hujan saat perlombaan bisa ngat menentukan hasil akhir. 'Pekan ini kami menduga hujan turun tiap hari dan saat hujan akan sangat berat perlombaan," katanya.

Nielsen menambahkan mungkin saja sewaktu latihan kondisi lapangan kering namun ketika kualifikasi dan balap sirkuit basah. Dalam kondisi seperti ini ia tetap memandang Brawn GP yang memiliki sistem aerodinamis yang efisien dibanding lawan lainya sebagai kandidat terkuat. 'Brawn GP sangat diuntungkan jika terjadi hujan," katanya.

Fathoni Arief, Reuters

Comments