Skip to main content

Pesta Rakyat Cigugur

Pagi itu Sang Surya baru saja tampakkan dirinya. Di Cigugur sebuah desa di Kabupaten Kuningan sudah dipenuhi dengan warga desa dan kerumunan pengunjung. Ada panggung dan alat-alat upacara yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Mereka yang berkumpul bukan tanpa ada alasan. Mereka tengah rayakan seren taun. Seren taun merupakan upacara syukuran masyarakat agraris sunda. Tiap tahun acara ini diselenggarakan di Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Peringatan kali ini mungkin ada sedikit yang beda. Ada tamu istimewa yang hadir, Sultan Hamengkubuwono X selain tamu-tamu lain. Ada berbagai seremoni yang diadakan untuk menyambut. Sajian tari-tarian, arak-arakan hasil bumi dan berbagaia acara menarik yang lain.

Pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah tak hanya dari Kuningan saja ada dari kota-kota lainnya. Mereka turut menyemarakan acara tahunan yang digelar di Gedung Paseban Cigugur.



Catatan Dari Cigugur

Comments