Skip to main content

Cerita Dari Kebumen 4

Namanya Bu Sri Setyo Prihatin. Guru SD Tambakrejo, Kecamatan Bulus Pesantren, Kebumen. Pendidik yang mendapat Anugerah sebagai Guru SD Berprestasi tingkat nasional tahun 2008. Saya mendapat kesempatan mengenal sosok ibu guru SD ini dari lebih dekat.

Ditemani putra keduanya, saya banyak berbincang dengan Bu Tin, begitu ia dipanggil. Tentu saja mencari bahan sebanyak mungkin untuk nantinya saya tulis sebagai salah satu bagian dari buku profil guru berprestasi dan berdedikasi yang rencananya akan dibagikan pada peringatan hari guru nanti.

Siang itu sebenarnya cuaca cukup panas namun untung saya tak berada di Jakarta. Saya berada di daerah yang masih banyak lahan kosong dan memungkinkan angin untuk berhembus, hilangkan udara panas. Puasa hari kedua, liputan luar daerah ternyata cukup menguji fisik dan kesabaran.

Melihat saya yang sudah nampak letih, Bu Tin menawari saya untuk diantar puteranya kembali ke tempat saya menginap. Mempersilahkan saya istirahat barang beberapa saat. Nanti sore-sorean saya akan dijemput lagi kalau sudah hilang lelah dan ditawari untuk ikut buka puasa bareng saja. Melihat jam sudah pukul setengah 2 dan memang tak bisa saya sangkal saya masih letih apalagi dalam kondisi berpuasa. Sayapun diantar ke hotel Patra tempat saya menginap.

Sampai di hotel, saya langsung terkapar diatas tempat tidur. Ac saya nyalakan dan dengan terbawa letih saya tertidur. Sempat sebuah SMS saya terima..ternyata dari Tika dan cuma nanya .."heh poso ga? Mokel yo"..hehehehe..dasar orang aneh...dengan setengah sadar saya membalas SMS dan terpulaskan oleh rasa lelah sebelum saya sadar waktu sudah menunjukkan pukul setengah empat sore..

Sayapun segera mandi, bersih-bersih dan sempat SMS ke bu tin Siap untuk kembali ke rumahnya..Namun Si Ibu ternyata sedang besuk tetangga yang sedang sakit..yah lumayan ada tambahan waktu istirahat sbelum saya nanti dijemput saat menjelang buka puasa...

Bersambung 2 September 2008

Comments