Skip to main content

Nasehat Ramadhan Buat Fathoni Arief

Fath, jujurlah kepada dirimu sendiri mengapa kau selalu mengatakan Ramadhan bulan ampunan. Apakah hanya menirukan nabi atau dosa-dosamu dan harapanmu yang berlebihanlah yang menggerakkan lidahmu begitu.

Fath, Ramadhan adalah bulan antara dirimu dan Tuhanmu. Darimu hanya untuknya dan tak akan ada yang tahu apa yang akan dianugerahkan kepadamu. Semua yang khusus untukNya khusus untukmu.


Fath, Ramadan adalah bulan-Nya yang Ia serahkan kepadamu dan bulanmu serahkanlah semata-mata untuk-Nya. Bersucilah untuk-Nya. Bersalatlah untuk-Nya. Berpuasalah untuk-Nya. Berjuanglah melawan dirimu sendiri untuk-Nya. Sucikan kelaminmu berpuasalah. Sucikan tanganmu berpuasalah. Sucikan mulutmu berpuasalah. Sucikan hidungmu berpuasalah. Sucikan wajahmu berpuasalah. Sucikan matamu berpuasalah. Sucikan telingamu berpuasalah. Sucikan rambutmu berpuasalah. Sucikan kepalamu berpuasalah. Sucikan kakimu berpuasalah. Sucikan tubuhmu berpuasalah.

Sucikan hatimu. Sucikan fikiranmu. berpuasalah..sucikan....

Fathoni, bukan perut yang lapar..bukan tenggorokan yang kering yang mengingatkan kedhaifan..perut yang kosong dan tenggorokan yang kerinng hanya perebut kesempatan yang tak sabar karena terpaksa..barangkali lebih sabar sedkit dari mata telinga kelamin..lebih tahan sedikit berpuasa..tapi hanya Kau yang tahu..kita dikekang untuk apa dan untuk siapa..

Puasakan tanganmu untuk menerima kurnia..puasakan mulutmu untuk merasai firman..puasakan hidungmu untuk menghirup wangi..puasakan wajahmu untuk menghadap keelokan..Puasakan matamu untuk menatap cahaya..puasakan telingamu untuk menangkap merdu..puasakan rambutmu untuk menyerap belai..Puasakan kepalamu untuk menekan sujud..puasakan kakimu untuk menapak sirat..puasakan tubuhmu untuk meresapi rahmat..puasakan hatimu untuk menikmati hakikat..

Fathoni inilah bulan baik saat baik untuk kerja bakti membersihkan..inilah bulan baik saat baik untuk merobohkan berhala dirimu..Yang secara teranng terangan dan sembunyi-sembunyi kau puja selama ini..Atau akan kau lewatkan ramadhan kali ini seperti ramadhan-ramadhan yang lalu..

(disadur dari puisi Nasihat Ramadhan buat A. Mustofa Bisri).

Semoga Ramadhan kali ini mampu merubah Fath menjadi manusia yang memanusiakan manusia. Menjadi manusia yang membuat hidupnya lebih hidup. Mampu berkorban lebih banyak bagi semua tak pandang pilih dan tak pilih kasih. mampu Adil dalam bersikap. Satu yang tersulit kalahkan nafsu dan ego untuk bisa lebih ikhlas terhadap semua ketetapan Allah.

Selamat Datang bulan Ramadhan..perjalanan semoga tak membuatku lupa akanmu...

Kalibata, 28 Agustus 2008

Comments