Skip to main content

Kenapa Saya Menjadi Penulis....

Melihat tayangan Kick Andy di Metro tivi sore tadi serasa diri saya menemukan pembenaran atas apa yang selama ini saya jalani. Episode Lentera Jiwa menghadirkan sejumlah bintang tamu yang berputar haluan sebelum menjalani profesi yang mereka geluti kali ini. Ada Nugie yang memilih tak kuliah untuk berkarir dalam dunia musik, ada Bara Pattirajawane anak diplomat yang menjadi seorang koki dan masih banyak bintang tamu yang lain.

Melihat pengalaman mereka saya seperti melihat cermin. Diri saya ada di mereka itu. Saya yang dulunya kuliah di teknik sipil memilih bidang lain yaitu bergulat dengan urusan tulis menulis. Satu profesi yang cukup jauh dari apa yang telah saya pelajari di bangku kuliah. Terus terang ada banyak orang yang mengatakan, "ah sayang..kuliah capek-capek kerjanya kok di bidang lain,".."loh sayang dong teknik sipilnya,"..dsb..dan ortu saya meski tak mengatakan langsung tak sepenuhnya mengiyakan pilihan saya ini.

Tapi itulah sebuah pilihan. Ketika jiwa meronta dan memilih satu jalan yang dirasa cocok jika tak dituruti bisa berakibat fatal. Saya yang sedari dulu suka baca, nulis memilih mengikuti kata hati. Stop mengekang jiwa liar saya untuk berkreasi. Memilih tinggalkan dunia teknik sipil dalam arti kerja di bidang itu tentunya kalau pengetahuan praktis masih sangat berguna dan masih saya pakai. Untuk kerja di sipil tidak. Saya memilih belajar jadi penulis saja....

Yah saat ini saya masih jauh dari namanya sukses tapi saya merasa enjoy dengan apa yang saya pilih. Inilah dunia saya. Seberat apapun saya menikmatinya...karena di sinilah saya temukan lentera jiwa saya..

Kalibata, 31 Agustus 2008

Comments