Skip to main content

Spanyol Juara Eropa

Spanyol juara Eropa kali ini.....Sebagai penggemar kesebelasan Spanyol saya sudah mengikuti perjalanan tim matador sejak awal tahun 90an. Klub sepakbola Barcelona, awal mula ketertarikan akan sepak bola Spanyol.

Selama ini di tingkat Klub tak ada yang memandang sebelah mata tim-tim Liga Spanyol. Torehan Real Madrid dan Barcelona di tingkat Eropa jelas meyakinkan Spanyol punya kelas. Di klub itu juga lahir bintang-bintang yang mengisi line up timnas Spanyol.

Tahun 90an begitu berkesan bagi saya. Meski baru duduk di bangku SD saya hafal nama-nama yang mengisi line up timnas matador. Sebut saja Andoni Zubizareta, Miguel Angel Nadal, Jose Mario Bakero, Joseph Guardiola, Fernando Hiero, Luis Enrique dan masih banyak lagi. Waktu itu kebanyakan nama-nama yang mengisi adalah pemain Barcelona termasuk saat ikut serta di Piala dunia tahun 94 di Amerika Serikat.

Spanyol Versus Italia

Tahun 94 di babak perempat final Spanyol bertemu Italia. Meski tampil bagus tim matador harus takluk di tangan tim Azzuri dengan skor 2-1. Mengingat kejadian itu ketika Spanyol kembali bertemu Italia di perempat final EURO 2008 saya sempat ketar-ketir. Mampukah Spanyol keluar dari kutukan dan cap jago kualifikasi.

Ternyata pasukan muda Luis Aragones mampu berbuat lebih. Meski lewat adu pinalti mereka mampu melaju hingga semifinal. Sudah lama menunggu Spanyol tampl hingga babak-babak akhir di sebuah turnamen. Dengan kemenangan atas Italia dan keluar dari mimpi buruk saya jadi makin berharap kali ini Spanyol mampu jadi juara Eropa...




Comments