Skip to main content

Jelang Laga final Piala Eropa

Tak terasa laga final piala eropa tinggal detik-detik saja. Satu laga diantara dua klub besar Eropa dengan nasib yang selama ini berbeda. Jerman dikenal sebagai tim spesialis turnamen sedangkan Spanyol dikenal sebagai jago kualifikasi yang seringkali keok di babak-babak awal sebuah turnamen.

Secara materi sebenarnya dua klub sangat berimbang. Spanyol mulai dari barisan belakang hingga depan diisi oleh pemain-pemain yang menjadi andalan di masing-masing klubnya begitu juga dengan Jerman. Sebut saja nama Cesc Fabregas, Michael Ballack, Xavi Hernandes, Lucas Podolski, Philip Lahm, Fernando torres, nama-nama mentereng diantara kedua negara. Namun sejarah lebih memihak Jerman. Jerman sudah 3 kali merebut piala Eropa dan 6 kali lolos ke final Sedangkan Spanyol baru 1 kali juara itupun sudah sangat lama tahun 1964. Terakhir kali Spanyol masuk final terjadi pada tahun 1984 waktu itu mereka kalah dari Prancis.

Jika secara sejarah Jerman unggul namun melihat perjalanan kedua negara ketika menuju final Spanyol lebih meyakinkan. Anak-anak muda asuhan Luis Aragones ini berhasil mencatat hasil 100 persen kemenangan. Beda dengan Jerman yang kurang meyakinkan dan sempat kalah dari Kroasia di babap penyisiha grup.

Statistik memang hanya sekedar statistik. Hasil tergantung seperti apa di lapangan nanti. Suatu pertandingan yang diperkirakan bakal seru. Seperti apa hasilnya tunggu saja nanti. Yang jelas saya mengharap Spanyol kali ini mampu rengkuh piala Eropa.

Sumber image : gettyimages.com

Comments