Skip to main content

Bermusik Dengan Mata Hati

Ada yang menarik saat berlangsungnya acara koordinasi wilayah organisasi social dan Karang Taruna di Hotel Sahid 7 Mei 2008 lalu. Di sela-sela acara tampil satu grup musik yang menamakan dirinya Kelompok Mata Hati. Secara kebetulan 2 anggota yang tampil semuanya memiliki kekurangan pada indera penglihatannya. Meskipun sebenarnya ada juga anggota grup ini yang normal naum kebetulan tidak bisa hadir.
Mereka adalah Kiki siswi kelas 10 SMAN 10 Surabaya dan Dhani Mahasiswa semester 8 jurusan seni musik Universitas Negeri Surabaya. Meski keduanya merupakan tunanetra namun mereka mampu memainkan lagu-lagu popular mulai dari Ayat-ayat cintanya Rossa hingga Mataharinya Agnes Monica dengan apik. Hal itu tidak mengherankan jika melihat prestasi yang pernah mereka raih. Dalam sebuah festival musik khusus tunanetra beberapa waktu yang lalu di Jawa Tengah KMH mampu meraih juara di beberapa kategori.
Di sela-sela mainkan lagu Dhani dan Kiki juga sempat berbagi pengalaman mereka. 

Satu hal yang kini terus mereka perjuangkan adalah menghapus diskriminasi pada para penyandang cacat mata yang hingga kini masih mereka alami. Dhani yang juga sebagai salah satu alumni SMAN 10 Surabaya tempat Kiki sekarang sekolah juga pernah mengalami perlakuan yang beda. Ia yang dalam proses pendaftaran siswa baru sengaja minta bantuan orang tuanya ketika pengumuman sempat dipertanyakan para panitia setelah mereka tahu ia tunanetra. “Mereka bertanya bagaimana cara mengajarnya?,” kenang Dhani. Namun Dhani tak menyerah begitu saja ia coba membuktikan kalau ia memang mampu dan akhirnya terbukti beberapa kali ia sempat berada di peringkat 3 besar di kelasnya. Bahkan Dhani masuk ke universitas Negeri Surabaya Juga melalui jalur PMDK.

Fathoni Arief

Comments