Skip to main content

CERIA DI AKSARA

Lantunan lagu-lagu anak-anak terdengar dari ruang berukuran kurang lebih lima kali lima meter di toko buku Aksara Kemang. Kursi-kursi telah tertata rapi berikut sebuah layar yang bisanya digunakan untuk presentasi. Nampak pula belasan anak-anak muda berpakaian warna-warni dengan kesibukanya masing-masing. Keceriaan nampak jelas di sana.


“Ada acara Skenario Playgroup,” kata salah seorang dari anak-anak muda berpakaian warna-warni. Jawaban yang sejenak membawa imajinasi saya pada kegiatan kumpulan anak-anak kecil dengan berbagai permainan dan hiburan. Bayangan yang langsung menancap dalam fikiran saya apalagi saat lantunan lagu-lagu anak diputar. Rasa penasaran saya terus berlanjut. Ingin tahu seperti apa jadinya jika anak-anak belajar menulis skenario.

Setelah menunggu beberapa saat ternyata apa yang saya bayangkan belum terbukti. Kumpulan anak-anak dibawah lima tahun yang terbersit dalam fikiran saya tak juga nongol. Beberapa saat kemudian bukannya anak-anak yang nongol malah anak-anak muda berusia belasan hingga dua puluhan tahun mengisi kursi-kursi yang sedari tadi telah disediakan. Saya makin penasaran saja dan turut bergabung meskipun terpaksa berdiri karena kursi yang disediakan telah terisi.

Acarapun dimulai yang menarik saat pembawa acara memanggil para peserta dengan sebutan adik dan sebaliknya peserta memanggil setiap panitia di sana dengan kakak. Uniknya banyak diantara peserta sebenarnya berusia lebih tua dari panitia.

Sayapun mengikuti jalannya acara Skenario Playgroup. Ternyata meskipun yang hadir adalah anak-anak muda berusia belasan hingga duapuluhan tahun suasana ceria khas anak-anak memang tergambar. Ada sesi cerita dan dilanjutkan dengan membikin seperti apa akhir dari sebuah cerita, ada pemutaran film, diskusi ringan, dan ternyata ada kisah dari seorang yang sudah benar-benar profesional yang bergelut di film.Rasa penasaran saya terjawab sudah.

Menurut panitia ternyata kegiatan ini adalah salah satu agenda dari klub milis writeandplay@yahoogroups.com. Konsep acara memang disetting seringan mungkin, ceria tetapi tetap dalam kerangka belajar bersama menulis skenario. Kegiatan di toko buku Aksara Kemang memang sudah menjadi agenda rutin kegiatan bulanan. Selain bertemu muka secara langsung sebenarnya mereka tiap sebulan dua kali juga berkumpul via online lewat sebuah acara conference melalui media Yahoo Messanger. Setiap bulan ada tema utama dalam tiap agenda baik online maupun offline.

Untuk acara serupa seperti ini bulan Maret tanggal 9 Maret akan kembali diadakan di tempat yang sama. Berbagai informasi mengenai kegiatan klub ini sesuai penuturan salah satu panitia bisa diakses melalui web serunya.multiply.com.

Rasanya saya tertarik mengikuti acara yang unik ini..hmm bulan depan akan datang lagi di Aksara kemang.

Comments

Fathoni Arief said…
Benar Menarik Sepertinya...Datang saja di acara bulan depan