Skip to main content

KUMPULAN HUMOR Ala Gus Mus


Ketika si Nanang (bukan nama sebenarnya) masih duduk di bangku SD, ia mendapat tugas kliping dari guru PMP-nya (PMP, Pendidikan Moral Pancasila. Sekarang menjadi pelajaran Kewarganegaraan).
“Coba kalian kliping gambar atau foto orang yang sedang menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing. Kumpulkan minggu depannya”, perintah Ibu Guru kepada Nanang dan kawan-kawannya.

Seminggu berlalu, rupanya si Nanang lupa akan tugasnya. Hari itu, Ibu guru PMP pun menyuruh Nanang dan kawan-kawannya mengumpulkan tugas kliping.

Si Nanang pun kelabakan. Segera ia mengambil pas foto dirinya dari tasnya, dan menempelkannya di selembar kertas dan memberikannya judul ”Tugas Kliping Gambar Orang Beribadah”.

Ibu guru PMP pun memeriksa tugas murid-muridnya. Ketika sampai di meja si Nanang, Ibu guru tersebut pun marah. “Apa maksudnya kamu menempel foto kamu sendiri di lembar tugas kliping ini?, tanya Ibu guru gusar.

Nanang pun dengan tenang menjawab, ”Ini gambar orang beribadah Bu, ibadah puasa”, tandas si Nanang. (Alf)

Gus Mus berambut gondrong

Waktu muda, Mustofa Bisri (Gus Mus) berguru mengaji di Pesantren Lirboyo, Kediri. Satu kali, ia pulang kampung ke Rembang dengan rambut gondrong. Rupanya, tak ada gunting yang sanggup memotong rambutnya.
Ayahnya, Kyai Bisri Mustofa (alm.) gusar dengan anaknya yang tidak berkonsentrasi pada belajar mengaji, tetapi malah mempelajari "kesaktian" macam itu. Alih-alih naik darah, Kyai Bisri hanya mengambil gunting, lalu kres, kres, kres, "kesaktian" Mustofa pun berhasil ditaklukkan. Sambil memotong rambut anaknya, Kyai Bisri bilang, “Bapak yang sudah lama ngaji saja, baru jadi kyai. Masak kamu baru ngaji sebentar sudah jadi wali".
Kaki Yang Kiri Tidak Berwudhu Suatu hari Joha berwudhu, dan ternyata air yang dipergunakannya untuk wudhu kurang, sehingga kaki kirinya tidak kebagian air dan tidak dibasuh. Maka Joha pun bersembahyang dengan mengangkat kaki kirinya.

Ketika kemudian orang-orang bertanya, dia menjawab “Kakiku yang kiri tidak berwudhu!”.

Selengkapnya : GusMus.Net

Comments