Skip to main content

Timah Hitam Primadona Yang Tersingkir

Bongkahan Timah Hitam
Timah hitam atau dikenal sebagai logam Pb dalam susunan unsur merupakan logam berat yang terdapat secara alami di dalam kerak bumi. Logam ini tersebar ke alam dalam jumlah kecil melalui proses alami. Sudah lama logam ini digunakan bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Timbal,tersebar dimana-mana, mudah dicari, ditempa dan dirubah dalam bentuk ekstrak membuat unsur ini pernah jadi primadona selama ribuan tahun.

Seiring dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan akhirnya diketahui bahaya yang mengancam dari unsur ini. Timbal apabila timbal terhirup atau tertelan oleh manusia dan di dalam tubuh, ia akan beredar mengikuti aliran darah, diserap kembali di dalam ginjal dan otak, dan disimpan di dalam tulang dan gigi. Manusia menyerap timbal melalui udara, debu, air dan makanan.

Salah satu penyebab kehadiran timbal adalah pencemaran udara. Yaitu akibat kegiatan transportasi darat yang menghasilkan bahan pencemar seperti gas CO3, NOx, hidrokarbon, SO2, dan tetraethyl lead, yang merupakan bahan logam timah hitam (timbal) yang ditambahkan ke dalam bahan bakar berkualitas rendah untuk menurunkan nilai oktan.

Melihat begitu berbahayanya unsur timbal maka uni Eropa membuat satu kebijakan yang mempengaruhi industri khususnya elektronika di Eropa. Sejak tahun 80an lead atau timbal menggantikan posisi timah putih mengingat harganya yang lebih murah.

Regulasi Uni Eropa yang ditetapkan pada tahun 2006 yang mempersyaratkan penggunaan material bebas lead pada produk elektronik. Penerapan aturan tersebut secara langsung turut meningkatkan permintaan timah putih secara global. Jenis logam timah tercatat lebih banyak digunakan untuk menggantikan logam jenis lead untuk solder karena dunia usaha sebagai tindak lanjut penerapan kebijakan baru Uni Eropa tersebut.

Pasca penerapan kebijakan dari uni Eropa tersebut beberapa tahun ini kebutuhan timah terus meningkat. Peningkatan terbesar dalam permintaan timah baru-baru ini adalah karena tekanan lingkungan yang meminta pabrik solder memangkas kandungan lead pada solder, sehingga membuat kandungan timah dalam solder meingkat dari 30% menjadi hampir 97% hal ini merupakan peningkatan konsumsi yang besar. Sekarang ini perdagangan timah sedang naik daun dan mengalami peningkatan lagi.

Hitungan secara pasti kandungan timah hitam pada solder memang tidak pasti. Hal itu juga ditegaskan oleh Peter Kettle, seorang analis CRU Inggris, mengatakan tidak ada angka pasti kandungan timah hitam pada solder namun tampaknya regulasi Uni Eropa itu akan meningkatkan konsumsi timah putih dunia sekitar 10% dalam tiga sampai empat tahun ke depan semenjak peraturan tersebut ditetapkan.

Comments

Anonymous said…
Jadi bingung bacanya :D timah itu bukannya lead? kalo timah putih? jadinya yang berbahaya itu yang mana dan yang banyak terkandung di perangkat elektronik yang mana ya?
teguh said…
saya sedang mencari perusahaan yang mampu pengelolahan timah yang ada sama saya / pemasaran timah untuk saat ini ada sample sekitar 10 kg bagi yang berminat hubungi tuhboy@yahoo.co.id
Anonymous said…
Cak, Timah hitam kebetulan 2 proyek ini aku selalu beli, 2 proyek kebetulan rumah sakit,bangun ruang OK,dan beberapa ruang PK ada timabh hitamnya
Fathoni Arief said…
wah thks Cak infone..ini tulisan 2 tahun lalu hehe pas kantorku ana garapan buku soal timah...
SARANG WALET said…
Siap menyediakan lahan untuk tambang timah hitam, lokasi : sumatera utara. Yang berminat, hubungi : 081284300928 email : hendra.indo8@gmail.com
Anonymous said…
Siap menyediakan lahan untuk tambang timah hitam, lokasi : sumatera utara. Yang berminat, hubungi : 081284300928 email : hendra.indo8@gmail.com
Ardi said…
Ada pembeli/Buyer serius/Valid Timah Hitam bentuk Batangan? Atau yg Punya akses Langsung ke Pembeli/Buyer, atau Jalur Pendek ke Buyer Timah Hitam, sy ada info: Jual Timah Hitam Batangan.
Ada dr brbagai bahan baku/jenis Timah Hitam.
Kita kerja-sama. Hub. WA. 081326158684
Unknown said…
Saya punya timah hitam(pb)..saya cari buyer..produksi bongkahan 100 ton/ bln.
Bisa hubngi ke contact saya 082183800789
Unknown said…
Saya punya timah hitam(pb)..saya cari buyer..produksi bongkahan 100 ton/ bln.
Bisa hubngi ke contact saya 082183800789
Unknown said…
sy ada buyer serius cari Timah Hitam Batangan.
kadar 99%.
permintaan 500 ton.
jika ada hub. WA sy : 082244445711