Skip to main content

Satu Cerita Tentang Malam.....


SABTU, jelang jam 9 malam, di depan layar komputer saya habiskan libur mingguan. Tiap pekan saya mendapat liburan rutin di hari Sabtu. Kali ini saya menikmati libur dengan menghabiskan waktu melepas lelah, bersantai sambil mendengarkan lantunan tembang lawas.

Rasanya sudah sangat lama saya tidak mengisi berbagai cerita di blog ini. Selama beberapa bulan blog ini terbengkalai tanpa posting-posting yang dulu sering mengisi hari demi hari.

Kali ini saya ingin bercerita tentang Ayrton Senna. Sosok legenda di ajang balap formula 1 ini memang benar-benar berkesan di hati saya. Pembalap yang hidupnya berakhir tragis di sebuah seri balap, Imola, Italia 1 Mei 1994.

Ayrton Senna merupakan mantan pembalap Formula 1 asal Brasil. Pernah menjadi juara dunia Formula 1 pada tahun 1988, 1990, dan 1991. Pembalap ini dikenal dengan kehebatan mengemudi mobil Formula 1 di sirkuit basah hingga dijuluki The Rain Man. Penampilannya di GP Monaco 1984 dengan mobil yang kurang mumpuni mampu berada di posisi kedua.

Banyak yang merasa kehilangan sosok satu ini. Bukan hanya atas kemampuan hebatnya dalam menggeber jet darat F1 yang membuatnya dijuluki "Magic Senna" namun sisi lain kehidupannya yang layak ditiru.

Kemarin saya terkagum-kagum saat melihat satu video di youtube. Di satu balap seri Spanyol tahun 1992 saat kualifikasi Senna menunjukkan sikap yang membuatnya pantas ditiru pembalap lain.

Saat kualifikasi Senna yang melaju di belakang pembalap Eric Comas tiba-tiba menghentikan mobilnya saat melihat pembalap didepannya mengalami kecelakaan. Senna meminggirkan mobilnya dan langsung melompat membantu Eric Comas sebelum tim medis datang. Sementara pembalap-pembalap lain terus saja melaju lanjutkan babak kualifikasi.

Melihat tayangan tersebut saya jadi mengerti mengapa kepergiannya meninggalkan sejuta kepedihan para penggemarnya. Bahkan hingga saat ini banyak yang menangisi jika mengenanng peristiwa itu termasuk saya. Di sebuah video saya juga melihat sampai-sampai Michael Schumacer tak kuasa menahan tangis saat jumpa pers usai memecahkan rekor Senna.

And so you touch this limit, something happens and you suddenly can go a little bit further. With your mind power, your determination, your instinct, and the experience as well, you can fly very high.(Ayrton Senna).

Jakarta, 13 Juni 2009

Comments