Skip to main content

Menggunakan Sketchup Untuk Membuat Desain Teras Rumah

Sketchup, membuat segala urusan pembuatan model 3D jadi lebih mudah. Seperti yang saya alami saat mencari alternatif solusi pada bangunan yang sudah jadi.

Perubahan atas sebuah desain dalam pelaksanaan sebuah rumah tak boleh sembarangan. Misalnya saja hanya menggeser beberapa meter denah bisa saja tak jadi masalah bagi desain satu namun bagi desain lain dapat memunculkan persoalan baru. Ada satu contoh kasus seseorang datang ke arsitek minta sebuah desain rumah yang unik. Setelah melalui proses akhirnya jadilah desain sebuah rumah tropis. Satu ciri yang agak nyleneh dari desain sang arsitek adalah bentuk teras rumah. Atap teras rumah menjadi satu kesatuan dengan rumah induk dengan cara meneruskan atap dan ditopang dengan dua kolom dan balok kayu miring.

Desain sang arsitek sebenarnya simpel-simpel saja, harusnya tak ada permasalahan berarti ketika dibangun. Permasalahannya muncul justru saat terjadi perubahan luasan. Pemilik rumah menginginkan penambahan luasan ruang tamu, kamar depan. Dari sinilah persoalan mulai muncul.

Mencari solusi dari masalah yang ada saya coba membuat daftar masalah dan membuat coretan model 3D tentunya bukan manual tapi menggunakan bantuan Sketchup 2015.

Karena luasan berubah luasan teras juga turut berubah. Sehingga harusnya lebar teras hanya dua meter lebih sedikit menjadi 3,5 meter. Melihat kondisi ini sang pelaksana mengambil keputusan menyambung kayu yang bakal digunakan untuk gording. Setelah melalui proses berdirilah rumah tersebut (belum finishing).

Awalnya nampaknya tak terjadi masalah pada teras tersebut. Tetapi setelah beberapa minggu sifat dasar kayu pun muncul. Akibat kembang susut pada bagian sambungan di tengah bentang mengalami lendutan sehingga dari kejauhan nampak tengah teras sedikit melengkung.

Melihat kasus tersebut ada beberapa solusi bisa diambil.

Pertama adalah mempertahankan bentuk yang ada tak mengubah apa-apa hanya memperkuat sambungan tersebut dengan plat besi di atas dan bawah. Memang plat bakal terlihat tetapi masih bisa ditutup dengan plafon. Solusi ini seiring dengan berjalannya waktu bisa saja gagal apalagi melihat besarnya beban yang ditanggung dan posisi kolom yang kurang ke pinggir.
Solusi kedua adalah merehab bentuk teras bisa menggunakan beton bertulang. Tapi si pemilik rumah bersikeras  sebisa mungkin tak merubah bentuk teras.
Solusi ketiga adalah melakukan sedikit modifikasi. Memberi tambahan tiang penyangga namun tak merubah bentuk dasarnya. Satu yang paling utama lebih aman dan hasilnya adalah seperti gambar di atas.
Ingin tahu bagaimana hasil akhir desain menggunakan sketchup 2015 dan bentuk jadinya? Beginilah hasil corat-coret dan aplikasinya di lapangan.

Model Skethup 3D Teras Rumah
Model 3D Sederhana Perbaikan Teras Rumah

Desain Teras Rumah Dengan Sketchup
Teras Rumah Yang Hampir Jadi
Info tentang desain menggunakan Sketchup bisa Anda lihat di : # Tutorial Sketchup dari A sampai Z.

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments