Skip to main content

7 Hal Yang Harus Dihindari Pengguna LinkedIn

LinkedIn Jejaring Profesional

Berbeda dengan Facebook, Twitter, Instagram atau media sosial lain, LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis. Situs ini utamanya digunakan untuk jaringan profesional.

Mengingat perbedaan orientasi tersebut ada beberapa hal yang ada baiknya tidak kita lakukan. Berikut ini kesalahan yang paling umum pengguna LinkedIn lakukan. Membaca satu demi satu kesalahan tersebut membuat kita belajar dan menghindari melakukan hal yang sama.

Jangan membuat kesalahan ejaan atau tata bahasa dalam profil Anda
Ada baiknya Anda mengoreksi setiap bagian dari profil LinkedIn Anda sebelum diposting, dan kalau perlu minta tolong teman-teman Anda untuk melihat lebih juga. Cara terburuk membuat kesan pertama dengan perekrut atau manajer perekrutan adalah untuk membuat mereka menemukan kesalahan sederhana sehingga membuat mereka ragu akan keterampilan kerja Anda.

Jangan lupa untuk menambahkan foto profil yang baik
Saat situs media sosial lainnya memungkinkan pemakainya untuk memposting banyak foto, LinkedIn sebaliknya menganjurkan postingan hanya satu foto: foto profil Anda. (Kecuali, tentu saja, Jika Anda seorang fotografer ada baiknya posting portofolio gambar). Ingat baik-baik : Jangan samakan dengan Facebook, Twitter atau Instagram, LinkedIn adalah sarana untuk berbagi identitas profesional Anda.

Mengapa begitu penting untuk memasukkan foto profil profesional? Pertama, orang jauh lebih mungkin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Anda jika Anda memasang foto profil. Bahkan, menurut juru bicara LinkedIn Nicole Williams, "profil dengan gambar tujuh kali lebih mungkin untuk dilihat daripada yang tidak." Perekrut juga lebih mungkin untuk melewatkan hasil pencarian profil yang tidak menyertakan foto.

Jangan mengirim permintaan koneksi bagi setiap orang

Ada godaan untuk ingin memperluas jaringan LinkedIn Anda saat tengah membuka akun LinkedIn, tapi membabi buta mengirimkan permintaan sambungan kepada siapa pun dengan judul yang menarik dan mencoba untuk membangun sejumlah besar koneksi adalah salah satu cara tercepat membuat akun LinkedIn Anda ditangguhkan atau bahkan dihapus.

Jika Anda akan mengirim permintaan koneksi ke seseorang yang baru, pertimbangkan untuk menggunakan pengantar melalui koneksi yang ada pertama, atau menyertakan pesan pribadi menjelaskan mengapa Anda ingin terhubung dengan orang ini.

Jangan lupa untuk membuat update ke profil Anda
Salah satu cara untuk membuat kesan buruk pada orang adalah memiliki profil LinkedIn yang belum diperbarui dalam beberapa tahun. Secara teratur, lihatlah profil LinkedIn Anda, dan pastikan semuanya diperbarui. Jangan lupa untuk menambahkan posisi baru pada bagian Pengalaman setelah Anda merasa nyaman melakukannya, dan menambahkan posisi masa lalu yang relevan. Selain itu perlu juga menambahkan penghargaan, pengakuan khusus yang sudah Anda terima, serta prestasi unik di bagian yang sesuai.

Jangan menunggu sampai Anda menganggur untuk menggunakan LinkedIn

Ada persepsi yang salah besar di luar sana, LinkedIn hanya berguna ketika Anda sedang mencari pekerjaan. Hal ini jauh dari kebenaran, tetapi karena persepsi ini, beberapa orang takut menggunakan LinkedIn untuk membangun profil mereka atau jaringan karena mereka pikir hal tersebut akan memberitahu rekan-rekan mereka, "oh, orang ini berpikir untuk berhenti kerja. Si anu berencana cari karir baru dsb”.

Jangan lupa memakai kata kunci yang tepat
Dengan lebih dari 250 juta anggota di LinkedIn, kebanyakan perekrut, mempekerjakan manajer, dan pengguna menemukan orang-orang di LinkedIn terutama melalui fungsi Search. Hal ini berarti mereka mengetikkan kata kunci untuk menemukan seseorang. Kata kunci tersebut perlu hadir pada profil LinkedIn Anda agar profil Anda muncul dalam pencarian.

Jangan menulis kebohongan di profil Anda

Beberapa orang bertanya-tanya apakah mereka bisa "memalsukan" rincian tertentu pada profil LinkedIn mereka, seperti posisi terakhir atau gelar yang tak pernah mereka memiliki, keterampilan yang mereka tak mampu, atau referensi yang tidak pernah ada. Dengan LinkedIn, semuanya katalog dan terhubung. Perekrut atau manajer perekrutan menggunakan LinkedIn untuk menghubungi referensi potensial bahkan jika Anda tidak memberikan mereka, untuk melihat memeriksa kebenaran data Anda.

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments