Berbeda dengan Facebook, Twitter, Instagram atau media
sosial lain, LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi
bisnis. Situs ini utamanya digunakan untuk jaringan profesional.
Mengingat perbedaan orientasi tersebut ada beberapa hal yang
ada baiknya tidak kita lakukan. Berikut ini kesalahan yang paling umum pengguna
LinkedIn lakukan. Membaca satu demi satu kesalahan tersebut membuat kita
belajar dan menghindari melakukan hal yang sama.
Jangan membuat kesalahan ejaan atau tata bahasa dalam
profil Anda
Ada baiknya Anda mengoreksi setiap bagian dari profil
LinkedIn Anda sebelum diposting, dan kalau perlu minta tolong teman-teman Anda
untuk melihat lebih juga. Cara terburuk membuat kesan pertama dengan perekrut
atau manajer perekrutan adalah untuk membuat mereka menemukan kesalahan
sederhana sehingga membuat mereka ragu akan keterampilan kerja Anda.
Jangan lupa untuk menambahkan foto profil yang baik
Saat situs media sosial lainnya memungkinkan pemakainya
untuk memposting banyak foto, LinkedIn sebaliknya menganjurkan postingan hanya
satu foto: foto profil Anda. (Kecuali, tentu saja, Jika Anda seorang fotografer
ada baiknya posting portofolio gambar). Ingat baik-baik : Jangan samakan dengan
Facebook, Twitter atau Instagram, LinkedIn adalah sarana untuk berbagi
identitas profesional Anda.
Mengapa begitu penting untuk memasukkan foto profil
profesional? Pertama, orang jauh lebih mungkin tertarik untuk mengetahui lebih
lanjut tentang Anda jika Anda memasang foto profil. Bahkan, menurut juru bicara
LinkedIn Nicole Williams, "profil dengan gambar tujuh kali lebih mungkin
untuk dilihat daripada yang tidak." Perekrut juga lebih mungkin untuk
melewatkan hasil pencarian profil yang tidak menyertakan foto.
Jangan mengirim permintaan koneksi bagi setiap orang
Ada godaan untuk ingin memperluas jaringan LinkedIn Anda
saat tengah membuka akun LinkedIn, tapi membabi buta mengirimkan permintaan
sambungan kepada siapa pun dengan judul yang menarik dan mencoba untuk
membangun sejumlah besar koneksi adalah salah satu cara tercepat membuat akun
LinkedIn Anda ditangguhkan atau bahkan dihapus.
Jika Anda akan mengirim permintaan koneksi ke seseorang yang
baru, pertimbangkan untuk menggunakan pengantar melalui koneksi yang ada
pertama, atau menyertakan pesan pribadi menjelaskan mengapa Anda ingin
terhubung dengan orang ini.
Jangan lupa untuk membuat update ke profil Anda
Salah satu cara untuk membuat kesan buruk pada orang adalah
memiliki profil LinkedIn yang belum diperbarui dalam beberapa tahun. Secara
teratur, lihatlah profil LinkedIn Anda, dan pastikan semuanya diperbarui.
Jangan lupa untuk menambahkan posisi baru pada bagian Pengalaman setelah Anda
merasa nyaman melakukannya, dan menambahkan posisi masa lalu yang relevan.
Selain itu perlu juga menambahkan penghargaan, pengakuan khusus yang sudah Anda
terima, serta prestasi unik di bagian yang sesuai.
Jangan menunggu sampai Anda menganggur untuk
menggunakan LinkedIn
Ada persepsi yang salah besar di luar sana, LinkedIn hanya
berguna ketika Anda sedang mencari pekerjaan. Hal ini jauh dari kebenaran,
tetapi karena persepsi ini, beberapa orang takut menggunakan LinkedIn untuk
membangun profil mereka atau jaringan karena mereka pikir hal tersebut akan
memberitahu rekan-rekan mereka, "oh, orang ini berpikir untuk berhenti kerja.
Si anu berencana cari karir baru dsb”.
Jangan lupa memakai kata kunci yang tepat
Dengan lebih dari 250 juta anggota di LinkedIn, kebanyakan
perekrut, mempekerjakan manajer, dan pengguna menemukan orang-orang di LinkedIn
terutama melalui fungsi Search. Hal ini berarti mereka mengetikkan kata kunci
untuk menemukan seseorang. Kata kunci tersebut perlu hadir pada profil LinkedIn
Anda agar profil Anda muncul dalam pencarian.
Jangan menulis kebohongan di profil Anda
Beberapa orang bertanya-tanya apakah mereka bisa
"memalsukan" rincian tertentu pada profil LinkedIn mereka, seperti
posisi terakhir atau gelar yang tak pernah mereka memiliki, keterampilan yang
mereka tak mampu, atau referensi yang tidak pernah ada. Dengan LinkedIn,
semuanya katalog dan terhubung. Perekrut atau manajer perekrutan menggunakan
LinkedIn untuk menghubungi referensi potensial bahkan jika Anda tidak
memberikan mereka, untuk melihat memeriksa kebenaran data Anda.
Comments