Skip to main content

Hidup Itu Memang Sebuah Perjalanan

Ada celetukan dari seorang kawan, hidup itu seperti roda akan terus berputar, selama roda tidak kempes di perjalanan. Saya sependapat dengan kawan saya. Saat menggelinding adakalanya satu bagian berada di atas begitu pula sebaliknya. Begitupula dengan hidup, mau tidak mau suka tidak suka harus menjalani putaran-putaran roda kehidupan yang satu waktu menempatkan kita di posisi terhormat, tertingggi dan di saat lain membawa kita ada di posisi bawah.

Berbicara soal roda kehidupan, saya kembali teringat peristiwa di awal tahun 2011. Pengumuman CPNS bagi kebanyakan orang menjadi saat yang dinantikan, sungguh tak terbayang rasanya jika nama salah satu dari mereka ada di halaman yang memuat ratusan nama tersebut. Apalagi setelah berjuang dengan segala upaya, pasti pengumuman jadi momen yang istimewa. Namun ternyata tidak demikian halnya dengan yang kami alami. 


Tahun 2010, bergabung dengan ribuan orang pemburu status PNS, saya dan istri ikut ujian CPNS di kota susu, Boyolali. Waktu itu sebenarnya sayalah yang berniat turut serta, saking niatnya beberapa pekan sebelum tes saya sudah melahap soal demi soal ujian CPNS tahun sebelumnya. Bertolak belakang dengan saya, istri ikut CPNS karena "paksaan". Kakak istri mulai dari yang tertua sampai almarhum Kakak laki-laki istri membujuk istri supaya bersedia ikut tes. Karena saking jengkelnya, mungkin, istri pun akhirnya mendaftar tes di Boyolali. Namanya saja terpaksa jangankan persiapan membaca soal saja ogah-ogahan, bahkan niatnya agar tidak diterima ujian.

Tapi namanya takdir manusia memang tak bisa menebak. Walaupun tanpa persiapan justru istri diterima masuk sebagai CPNS di Boyolali, sebaliknya saya yang sudah mati-matian belajar harus menerima kenyataan tidak lolos tes. Waktu itu justru info kelulusan istri saya dapat dari teman yang kebetulan berlangganan koran Jawa Pos. Karena penasaran saya diminta kakak istri beli koran, ternyata nama istri tercantum. Dari tiga nama yang ada, nama istri ada di urutan pertama.

Bagi mereka pendamba status PNS ini bisa jadi sebuah kabar gembira, namun tidak demikian halnya dengan kami. Rupanya peristiwa ini adalah titik nol dimana kami akan memulai perjalanan yang sungguh tak pernah kami bayangkan. Memulai segala sesuatu dari nol, menjalani petualangan yang penuh suka dan duka.


Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments