Skip to main content

Solusi Daun Pintu/Jendela Yang Susah Dibuka

Desain rumah saya
Pernahkah Anda menjumpai tiba-tiba saja daun jendela atau pintu susah dibuka, padahal sebelumnya baik-baik saja. Kondisi seperti ini biasanya terjadi saat musim hujan tiba, penyebabnya kayu mengalami pengembangan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Lalu seperti apa solusinya.

Kembang susut pada daun pintu dan jendela sebenarnya bisa dihindari atau setidaknya diminimalisir jika memilih kayu yang tepat dengan kondisi yang tepat sebagai bahan baku. Tak semua jenis kayu cocok digunakan sebagai daun pintu. Beberapa jenis kayu yang sering digunakan diantaranya kayu Jati, Merbau, Bangkirai, Meranti, Nangka. Setelah memilih kayu yang tepat hal yang penting adalah pastikan Anda menggunakan kayu yang sudah benar-benar kering. 


Biasanya pengeringan dilakukan dengan cara dioven, namun jika susah mendapatkan kayu kering oven Anda bisa jauh hari membeli kayu lalu menyimpan di tempat yang aman dan kering untuk beberapa waktu sampai kayu mengering sebelum menggunakan sebagai bahan.

Tapi bagaimana solusinya jika pintu sudah terlanjur dipasang dan mengembang? Tenang saja. Kondisi ini juga saya alami. Karena kurang teliti meskipun kayu yang saya pilih sebenarnya terkenal kuat namun karena kondisinya tak benar-benar kering saat dibuat menjadi daun pintu dan jendela sehingga selang beberapa waktu mengalami muai dan susut. Jika ini sudah terjadi tak ada cara lain selain menyerut bagian yang sesak agar pintu bisa dibuka tutup lagi dan pastikan memberi sedikit ruang untuk mengakomodasi jika terjadi pemuaian lagi.


Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments