Skip to main content

Mengenali Aman Tidaknya link Tanpa Meng”klik “

urlvoid-10822524Meskipun komputer Anda sudah dilengkapi dengan perangkat lunak keamanan terbaik, tapi jika Anda mengklik link yang tidak aman tak akan mampu mencegah resiko terburuk yang bakal terjadi. Link tidak aman biasanya tampak seperti shortcut, atau seperti tombol, ke video lucu, berita heboh, situs porno, penawaran menarik,  tetapi dirancang untuk mencuri informasi pribadi atau membajak komputer Anda.

Terkadang link yang tidak aman muncul dalam email, posting Facebook, dan pesan instan. Anda juga bisa menemukan link yang tidak aman dalam iklan website dan hasil pencarian.
Untuk memeriksa satu link berbahaya atau tidak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Semua solusi ini adalah gratis, cepat, dan tidak mengharuskan Anda untuk mendownload apa pun.

Arahkan cursor di atas link tanpa klik

Kadang-kadang sebuah website memiliki topeng berupa link dengan alamat lain. Jika Anda mengarahkan cursor Anda di atas link tanpa mengkliknya, Anda akan melihat URL lengkap tujuan link di bagian pojok bawah browser Anda.

Gunakan Link Scanner

Scanner Link merupakan website dan plug in yang memungkinkan Anda memasukkan URL dari link mencurigakan dan memeriksa untuk keselamatan. Ada banyak scanner  link gratis dan dapat diandalkan yang tersedia. Satu yang bisa Anda coba adalah URLVoid. Web ini mampu melakukan scanning menggunakan beberapa layanan, seperti Google,MyWOT, dan Norton SafeWeb, dan melaporkan hasilnya kepada Anda dengan cepat.

Check Out Tautan yang Disingkat

URLVoid tidak bisa dengan baik menangani  URL dipersingkat dari layanan seperti bitly, Ow.ly, dan TinyURL (URLVoid akan memindai situs web layanan pemendekan bukan linkyang menunjuk). Untuk memindai shortlinks misterius ,Anda akan sering menemukan di Twitter dan Facebook, gunakanSucuri. Sucuri otomatis memperluas shortlink dan mengacu pada beberapa layanan, seperti Google, Norton SafeWeb, dan PhishTank, untuk menentukan apakah link sebenarnya adalah aman atau tidak.

Salin link Secara Aman

Layanan seperti URLVoid dan Sucuri mengharuskan Anda untuk mengetik atau sisipkan mencurigakan link-tapi bagaimana Anda dengan cepat dan aman ambil URL tanpa membuka apa-apa? Mudah. Klik kanan link untukmenampilkan menu konteks, kemudian klik Copy shortcut(pada Internet Explorer), Salin Lokasi Link (di Firefox), atau Salin Alamat Link (di Chrome). URL ini sekarang disalin ke clipboard Anda dan Anda dapat menempelkannya ke dalam setiap kolom pencarian.

Comments