Skip to main content

Agar Blog Anda Makin Ramai Pengunjung

imageSekarang ini membuat sebuah blog bukan lagi jadi persoalan sulit. Bahkan, meskipun Anda buta dengan bahasa pemrogaman yang rumit dalam sekejap sebuah blog bisa tercipta. Namun, permasalahanya adalah bagaimana membuat situs Anda bisa ditemukan orang, dibaca, dan secara rutin tetap dikunjungi.
-->
Solusinya Anda setidaknya harus melakukan dua hal ini. Pertama buatlah blog yang semenarik mungkin dari sisi konten dan tampilan. Kedua buatlah blog yang SEO friendly, sehingga bisa menempati peringkat atas di mesin pencari.

Berikut adalah beberapa saran yang lebih spesifik :

  • Buatlah desain semenarik mungkin. Bikin blog yang menyenangkan mata, dan mudah dinavigasi. Lebih baik situs memiliki banyak halaman, kembangkan struktur dimana orang dapat dengan mudah menavigasi, daripada membuang terlalu banyak link sekaligus.
  • Menulis dengan baik. Biasakan membaca kembali teks Anda sebelum posting. Perhatikan lagi sudah benarkah ejaan dan pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas.
  • Fokuslah pada beberapa tema saja. Usahakan selalu fokus, hanya menulis pada beberapa topik yang Anda sukai.
  • Gunakan judul dan tag deskripsi. Search engine memberikan prioritas untuk teks dalam tag ini, dan biasanya menampilkan isinya di halaman hasil. Jadi hati-hatilah saat Anda ingin menempatkan satu tag.
  • Jelaskan gambar Anda. Ketika Anda menggunakan gambar beri mereka nama file deskriptif. Juga, deskripsikan gambar dalam atribut alt tag gambar. Teks Alt tak hanya bermanfaat bagi orang yang tidak dapat melihat gambar, tetapi juga membantu mesin pencari.

Comments