Skip to main content

Indonesia Rayaku....

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Di sanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku...

Ada satu perasaan aneh yang terasa saat mengikuti pembukaan sebuah acara di Balai pelatihan di Jayagiri, Lembang, Bandung. Rapat yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Perasaan saya bergetar rasanya seperti dikoyak-koyak, semacam masih ada rasa bangga terhadap negeri ini meski sejelek apapun namun di sini tanah airku.

Entah apa timbul perasaan seperti ini saya juga tak sepenuhnya mengerti. Apakah karena sudah begitu lama saya tidak merasa bangga dan cinta terhadap tanah air ini atau entah apa. Yang jelas malam itu saya merasa bangga dan sekaligus prihatin dengan berbagai kerusuhan, krisis, gesekan yang tak henti-hentinya melanda tanah air.

Saya ingin berbuat lebih banyak terhadap negeri ini. Tapi saya kembali tersadarkan saya hanya manusia lemah tak punya kekuasaan. Hmm yah minimal saya masih punya otak dan otak saya ini semoga bisa tercurah semaksimal mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang menginspirasi kepada yang lain sesama anak bangsa untuk berbuat yang terbaik. Meminjam slogan Pak Gunawan (Dirjen depsos) Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badanya. Saya segera memulai membangun jiwa saya dengan fikiran bersih dilandasi ayat-ayat cinta untuk bisa membangun jiwa-jiwa anggota bangsa yang lain hingga akhirnya mereka bisa membangun badannya timbul energi yang besar tuk bangkit dari keterpurukan.

Comments