Just Blogging And Sharing

Friday, January 11, 2013

Membuat Model 3D Sederhana dengan Tool Dasar Sketchup

Friday, January 11, 2013 Posted by Fathoni Arief , , 3 comments
Jika pada artikel sebelumnya saya menceritakan sekilas tentang Sketchup maka kali ini saya ingin berbagi pengetahuan awal mengenai fungsi tool dasar yang sering digunakan dalam membuat sebuah model. Untuk lebih jelasnya akan saya paparkan satu demi satu.

Select Tool : Tool ini mirip dengan yang ada di program grafis lain, fungsinya untuk membuat seleksi terhadap obyek.

Line Tool   : Tool ini digunakan untuk membuat garis. Dalam proses pembuatan sebuah model 3 D Anda akan banyak menggunakan tool ini.

Push/Pull  : Tool ini untuk memberi ketebalan atau kedalaman pada sebuah obyek.

Rectangle Tool : Tool ini bisa Anda gunakan untuk membuat persegi empat.


Selain itu masih ada tool yang lain. Agar Anda lebih memahami fungsi dari tool yang ada kita akan mencoba membuat sebuah model 3 D sederhana yaitu sebuah meja lesehan. Hasil akhir dari model yang akan kita buat kurang lebih seperti di bawah ini.

 
Untuk membuat model seperti diatas caranya cukup simpel. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka program Google Sketchup Anda bisa versi apa saja baik pro maupun gratisan. Jika Anda belum memiliki program ini Anda dapat mengunduhnya secara gratis ke web sketchup. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan Google SketchUp 8.


 2. Selanjutnya klik template untuk memilih template yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena kali ini model yang akan kita buat memiliki ukuran relatif kecil pilih produk design and woodworking yang satuannya milimeter. Lalu klik start Using sketch up.

3. Sebelum mulai membuat model kita bisa memakai style yang sesuai. Caranya pilih Window pada menu lalu styles. Ada banyak alternatif yang bisa Anda pilih namun kali ini saya menggunakan design style.
4. Untuk memulai membuat model meja seperti gambar diatas silahkan pilih rectangle tool lalu buat persegipanjang dengan ukuran panjang 1500 mm dan lebar 1200 mm. Caranya silahkan klik pada sebarang tempat lalu di bagian pojok kanan yang ada tulisan dimension ketik dengan angka 1500;1200 lalu tekan enter.

5. Selanjutnya pilih push/pull tool, lalu klik di dalam bidang persegipanjang dan pada bagian distance ketik 150 diakhiri dengan enter.

6. Selanjutnya pilih tool orbit. Klik obyek dalam kondisi mouse masih diklik geser ke atas sehingga yang nampak adalah bagian bawah obyek.

7. Pilih tool offset dan klik pada bagian bawah masukan nilai 50 pada distance.

8. Langkah berikutnya kita akan membuat kaki meja. Menggunakan tool rectangle klik bagian sudut persegi yang ada di dalam dan masukkan nilai 150. Ulangi langkah ini untuk ketiga sudut lainnya.

9. Selanjutnya pilih tool push/pull. klik persegipanjang yang sudah dibuat di langkah 8 dan masukkan nilai ketebalan 100. Lakukan hal langkah yang sama untuk ketiga persegi panjang lainnya.
 
10. Sampai langkah ini Anda sudah bisa membuat sebuah model meja lesehan 3 D. Tapi tunggu dulu ini belumlah selesai. Pilih tool select lalu seleksi seluruh obyek yang sudah Anda buat. Selanjutnya klik kanan dan pilih make group.
11. Menggunakan tool orbit atur kembali posisi obyek sehingga enak dilihat lalu pilih paint bucket untuk memberi warna sehingga memiliki kesan seperti benda asli. Ada banyak warna dan tekstur yang bisa anda pilih tapi karena kita ingin membuat sebuah meja dari kayu pilih tekstur kayu dan hasilnya adalah seperti di bawah ini.

12. Untuk memperhalus tampilan jika Anda menggunakan Sketchup 8 pro memanfaatkan Sketchup layout Anda bisa memoles tampilan model dan hasil akhirnya adlah seperti ini.





Berbagi takkan pernah membuatmu merugi
Reaksi:

3 comments:

  1. Terimakasih sudah berbagi dan sangat membantu saya yang baru belajar..
    kalo ada updatean bisa tolong kirim ke saya, galihastsani@gmail.com
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. makasih ya.... saya jdi tau dasarnya dikit..... saya jga pengen bisa skechup ..... tpi msih blajar..... update lgi yg baru dong min..... saya pengen bisa jga.....

    ReplyDelete
  3. aqu suka skechup tpi msih baru blajar....
    update lgi dong yg baru min.......
    saya mau blajar...

    ReplyDelete

Ingin Memberi komentar