Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2010

Kapan Keretaku Melaju Kencang?

Sesaat setelah terjadinya kecelakaan KA api Logawa yang terguling di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur saya sempat berfikir membuat tulisan untuk mengkomentari kejadian tersebut. Saya tergelitik dengan analisa sebab tergulingnya kereta yaitu Kereta Api melaju diatas kecepatan yang diijinkan ketika menikung(kecepatan normal kereta saat melintas di tikungan maksimal sekitar 70 kilometer per jam. Namun berdasarkan rekaman perjalanan yang diakses KNKT melalui internet, kecepatan kereta saat itu antara 83-89 kilometer per jam). Belum sempat menulis komentar saya dan beberapa bulan berlalu sebulan terakhir ini, berita tentang kereta api kembali menarik perhatian masyarakat. Rentetan tragedi tengah perkeratapian Indonesia. Mulai dari Kecelakaan kereta Argo Bromo dengan Kereta Senja Utama Semarang di Parakan, kereta Bima dengan kereta Gayabaru Malam Selatan dan yang terbaru terbakarnya Kereta Api yang tengah diparkir di stasiun Rangkasbitung Bant

Cerita Lain Tentang Bromo

Matahari mulai menampakkan dirinya dengan sempurna. Dari yang semula hanya bulatan kecil berwarna kuning kemerah-merahan kini makin membesar dan membuat terang wilayah sekitar puncak gunung Penanjakan. Bromo dengan asap tebal putih yang mengepul diatasnya terbit makin jelas terlihat. Ini bukanlah akhir dari tour wisata gunung Bromo. Dari briefing yang saya terima semalam berikutnya mobil bakal membawa kami untuk bisa melihat Bromo dari dekat. Saya yang sempat menuruni sebuah lembah dan menikmati view yang cukup menarik dari sebuah lokasi yang cukup datar kini kembali naik keatas. Saya baru menyadari ternyata sedikit harus bersusah payah untuk balik ke tempat semula. Terjadilah insiden kecil mungkin karena sudah lama tak menjelajah medan yang pakai turun naik begini pinggang saya terasa sakit. Untung saja saya bisa sampai di atas dengan selamat.