Skip to main content

Solusi Hunian Daerah Bnjir

Sulitnya mencari lahan permukiman merupakan permasalahan utama yang sering dihadapi oleh kota-kota besar di dunia termasuk juga di Indonesia. Keadaan seperti ini semakin diperparah dengan tingginya laju pertambahan yang akibat selanjutnya adalah semakin sulitnya bagi warga untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal.
Rumah Panggung di Kalimantan

Dengan semakin sulitnya mencari tempat untuk tinggal dalam kondisi yang penuh dengan keterpaksaan banyak diantara warga yang akhirnya mulai menempati daerah-daerah di sekitar bantaran sungai, wilayah yang secara alamiah berfungsi sebagai genangan air.

Kondisi seperti ini akan menimbulkan pengelompokan dan pemisahan diantara meereka yang tingkat ekonominya rendah, menengah dan tinggi. Mereka yang kebetulan berada pada strata ekonomi menengah keataslah yang akan menguasai daerah-daerah yang layak huni sedangkan kaum miskin kota harus rela menmpati lokasi yang tiap tahun harus berhati-hati dan waspada akan bahaya banjir.

Tinggal di bantaran sungai menjadi pilihan utama walaupun dengan resiko mengalami bahaya banjir saat musim penghujan tiba. Selama ini pemecahan permasalahan yang disebabkan oleh banjir belum menunjukkan hasil yang maksimal. Berkawan dengan banjir mungkin itulah yang harus dicoba sebagai pokok pemikiran dalam mengatasi permasalahan dan untuk menentukan pemecahan yang terbaik.

Salah satu ide pokok dari strategi berkawan dengan banjir adalah dengan mengkondisikan suatu pemukiman yang dengan ada atau tidak adanya banjir tidak akan banyak terpengaruh, apalagi sampai mengalami kerugian secara materiil bahkan jiwa. Ide membuat rumah panggung seperti yang selama ini dilihat di daerah-daerah di Pulau Kalimantan. Dengan rumah model seperti ini saat hujan terjadi diharapkan air hanya akan menggenangi bagian bawah atau mungkin kolong dari rumah tersebut. Konsep utama dari hunian ini adalah bangunan tak peduli banjir. Saat banjir penghuni tetap aman karena ruang utama letaknya diatas sedangkan saat kering bagian bawah bisa digunakan untuk berbagai kepentingan.

Tentunya masih banyak hal yang perlu untuk diteliti dan dikaji seperti dalam menentukan berapa tinggi bangunan. Hal yang sangat berguna untuk menentukan berapa tinggi bangunan yang akan dibangun.


MF. ARIEF

Comments